JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Nangroel Aceh Darussalam (NAD) mengunjungi Provinsi Papua untuk melakukan studi banding terkait pelaksanaan program Bangun Generasi dan Keluarga Sejahtera (Bangga) Papua.

Kunjungan Pemerintah Provinsi NAD tersebut diterima oleh Asisten III Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri didampingi OPD terkait di Sasana Karya, Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, Selasa (26/3).

“Kunjungan Pemerintah NAD dalam rangka untuk melihat program Bangga Papua, mereka ingin belajar untuk bisa melakukan yang sama di Aceh, terutama Kabupaten Sabang,” kata Elysa Auri.

Dikatakan, program Bangga Papua saat ini telah dilakukan pada tiga kabupaten sebagai pilot project yakni Kabupaten Asmat, Paniai dan Lany Jaya. Program Bangga Papua ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua seperti bidang kesehatan.

“Sesuai dengan kebijakan Gubernur kita sudah melakukan untuk melihat kondisi dari Balita 0 – 4 tahun dalam rangka peningkatan kesejahteraan,” terangnya.

Sementara jika di Aceh, sudah melakukan program untuk Lanjut Usia (Lansia) diatas 70 tahun, diharapkan dengan adanya pertukaran informasi antara program Bangga Papua, Pemperintah Aceh dapat mengadopsi program Bangga Papua.

“Kita juga bisa mengadopsi program usia Lansia diatas 70 tahun dari pemerintah Aceh, ini merupakan pertukaran informasi antara Provinsi Papua dan Aceh. Ini sangat baik karena kita sama – sama mendapat dana Otsus, sehingga menjadi satu referensi untuk dapat dilakukan di Kabupaten Sabang,” tandasnya.

Sementara hasil yang telah diraih selama pelaksanaan program Bangga Papua pada tiga kabupaten, Elysa Auri mengaku, selama program Bangga Papua itu dilakukan, sudah ada hasil yang nampak.

“Hasilnya bagus, sebenarnya tahun ini ada 11 kabupaten yang mendapat proram Bangga Papua, namun karena ada kebijakan gubernur sehingga hanya tetap tiga kabupaten,” katanya.
Keberhasilan program Bangga Papua ini telah mengangkat ekonomi masyarakat seperti Kabupaten Asmat yang mempunyai prospek yang sangat bagus dan Pemkab Asmat minta program Bangga Papua dilanjutkan.

“Mudah-mudahan dengan program pak gubernur ini dapat memberikan satu dampak untuk yang positif bagaimana hidup orang Papua dari sisi kesehatan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY