MIMIKA (PT) – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak musibah yang sering terjadi pada saat musim hujan, baik yang disebabkan oleh faktor alam seperti banjir ataupun dari faktor individu yaitu jatuh sakit akibat lingkungan yang tidak bersih dan tidak terawat.

Untuk mengantisipasi hal itu, perlu tindakan preventif yaitu dengan menjaga kondisi tubuh dan keluarga sebaik mungkin agar tidak terkena penyakit serta dengan membersihkan lingkungan sekitar dari genangan air agar tidak terjadi wabah penyakit.

Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Koramil 1710-03/Kuala Kencana yang sedang mengajak warga Kelurahan Karang Senang untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan Karya Bhakti pembersihan selokan dan kanan kiri jalan tembus SP 3 yang tersumbat akibat sampah, yang dilakukan di Keluarhan Karang Senang, Kabupaten Mimika, Selasa, (28/5).

Danramil 1710-03/Kuala Kencana, Kapten Inf. Abdul Munir mengatakan, kegiatan ini untuk menghindari banjir yang sering merendam warga sekitaran jalan tembus SP 3 saat musim hujan tiba dan untuk menghindari penyakit yang dapat menyerang warga yang disebabkan oleh genangan-genangan sampah pada musim hujan.

“Selagi curah hujan belum tinggi, maka kami mengajak warga binaan untuk melaksanakan karya bakti bersama-sama anggota Koramil dengan tujuan supaya bisa leluasa dalam membersihkan selokan, kanan kiri jalan dan sampah yang akan mengakibatkan banjir dan menghindari perkembangbiakan nyamuk,” katanya.

Kapten Inf Abdul Munir menambahkan, kegiatan ini adalah wujud nyata kemanunggalan TNI-rakyat.

“Selain sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI Rakyat kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir dan membasmi bibit-bibit penyakit yang bersarang di tempat yang kotor, karena ketika sebuah desa itu bersih, hijau masyarakat pun akan nyaman ketika beraktifitas,” pungkasnya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY