SENTANI (PT) – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan Pawai Merah Putih dengan start dari Pantai Kalkote, Distrik Sentani Timur dan finish di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (14/8).

Peserta yang mengikuti Pawai Merah Putih dari seluruh instransi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura, TNI dan Polri, paguyuban serta beberapa club otomotif yang ada di Kabupaten Jayapura.

Ketua Panitia HUT RI Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, Pawai Merah Putih yang dilaksnakan dari Pantai Kalkote ini merupakan rangkaian kegiatan lomba yang dilaksanakan panitia Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Kabupaten Jayapura.

Dimana beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu lomba sudah dilaksanakan diantaranya Suling Tambur, kegiatan pawai maupun kegiatan kebersihan di tingkat distrik.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan lomba menjelang hari Kemerdekaan RI ke 74 di Kabupaten jayapura. Peserta yang ikut kegiatan ini ada 70 peserta sehinga berlangsung meriah dan semangat kebersamaan bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura bersama pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mengakui jika para peserta Pawai Merah Putih terus bertambah dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74 ini, dengan tetap semangat perjuangan 1945.

“Sekali merdeka tetap merdeka. Apa yang dirayakan hari ini adalah sebuah pejuangan bagi para pahlawan Republik Indonesia untuk merebut kemerdekaan, oleh sebab itu sebagai anak bangsa harus mempertahankan kemerdekaan, serta semangat pancasila, semangat gotong royong,” kata Wabup Giri dalam sambutan pembukaan Pawai Merah Putih.

Selain itu, Wabup Giri meminta agar untuk menjaga kerukunan di Kabupaten Jayapura dan tidak saling membeda bedakan karena kita satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Rumah ini rumah kita bersama, kita harus menjalankan Pancasila dalam kehidupan kita,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY