SENTANI (PT) – Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura menggelar Pelatihan Tata kelola Destinasi yang ada di Kabupaten Jayapura, yang dibuka langsung Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro di Hotel Alison, Sentani, Kamis, (19/9).

Wabup Giri Wijayantoro berharap pelatihan ini menjadi awal bagi semua dalam pengelolaan destinasi wisata di Kabupaten Jayapura, menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Bumi Kenambai Umbai.

“Ini baru mengawali supaya tidak terjadi premanisme di lokasi destinasi pariwisata. Jadi, memang harus dibina dalam pengelolaan seperti ini dengan dibuat pelatihan-pelatihan, supaya tidak hanya sampai di sini, ke depan juga harus lebih banyak, karena melihat potensi alam yang ada, tinggal dipoles dan menjadi tempat tujuan wisata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan bagi peserta yang mempunyai destinasi pariwisata.

“Selama ini pariwisata masih minim, untuk itu kita tingkatkan pengetahuan mereka dan betul-betul mengetahui cara pengelolaan destinasi pariwisata sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Joko berharap, dengan pelatihan itu, dapat mengetahui kekurangan yang selama ini, terutama pengelola berkaitan dengan menangani tamu yang datang, sehinga tidak terjadi premanisme dan menjadi masalah. (ai/sri)

LEAVE A REPLY