SENTANI (PT) – Evakusi terhadap para korban kerusuhan dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang diangkut dengan pesawat Herkules, sampai saat ini sudah mencapai ratusan orang, namun sekitar 40 orang di Mess Lanud Silas Papare Jayapura, karena tidak mempunyai sanak saudara atau family di Jayapura.

Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI. Ir. Tri Bowo Budi Santoso, MM, MTr (Han) mengatakan, pihaknya menemukan 40 orang itu, tidak memiliki suadara di Jayapura saat tiba di Mes Lanud Silas Papare Jayapura.

Menurutnya, dari ratusan warga yang dievakuasi itu, ada 40 orang yang tidak memiliki akomodasi dan sanak saudara sementara berada di Mess Lanud Silas Papare, Mess Batalyon 751 dan Rindam.

“Jadi, rata-rata sudah ada yang memili kontak dan menelepon saudaranya disini, ada beberapa orang yang tidak memiliki uang dan saudara, kami akan memfasilitas kepada air lines, mana tahu ada sumbangan dari mereka yang bisa menerbangkan mereka ke tempat yang mereka tuju,” kata Danlanud Tri Bowo.

Danlanud Tri Bowo mengajak masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan bagi pengungsi yang ada di Wamena, untuk itu bisa langsung mengantarkan ke Posko Bantuan yang ada di Base Ops Lanud Silas Papare, Jayapura.

Apalagi, imbuh Danlanud, masih banyak warga yang dievakuasi dari Wamena ke Jayapura.

“Jadi jumlahnya masih cukup banyak, sekitar 1.000 orang di Lanud, Polres dan beberapa tempat lainya,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY