JAYAPURA (PT) – Pemerintah pusat akan mengambil langkah cepat untuk pemulihan Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua, pasca kerusuhan yang terjadi 23 September 2019 lalu.

Bangunan rumah dan perkantoran maupun fasilitas publik yang rusak, akan segera dibangun.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto usai menemui para pengungsi sekaligus meninjau kondisi terkini di Wamena, Selasa, (8/10).

Wiranto saat menyambangi pengungsi di Wamena, didampingi Panglima TNI. Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal, Tito Karnavian dan sejumlah menteri kabinet Jokowi, termasuk Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw.

Wiranto menjelaskan kedatangannya ke Wamena untuk menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo terkait pemulihan aktifitas warga di Wamena, pasca dinyatakan kondusif.

“Apakah itu rumah terbakar, ruko terbakar, gedung pemerintah yang dirusak, PLN yang terbakar atau fasilitas umum lainnya yang dirusak segera akan dipulihkan,” kata Wiranto di hadapan para wartawan.

Selain pemulihan bangunan fisik, kata Wiranto, pemulihan semangat persaudaraan dan perdamaian akan dilakukan dalam waktu sesegera mungkin.

Wiranto menyatakan, situasi di Wamena sudah aman dan damai.

Dia meminta kepada masyarakat agar tidak percaya hoaks yang menginformasikan bahwa Wamena masih dalam kondisi rusuh.

”Saya kira itu yang sudah saya sampaikan agar dapat dipahami seluru masyarakat,” katanya. (mt/sri)

LEAVE A REPLY