SENTANI (PT) – Marthina Martince Febriana Sirogaron dari Kabupaten Yahukimo dan Eliezer Jody Wahey dari Kabupaten Jayapura mewakili Papua untuk mengikuti pemilihan Duta Wisata Tingkat Nasional yang akan digelar di Denpasar, Provinsi Bali, 12-17 November 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Yahukimo, Nico Bayage mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan Lomba Duta Wisata ditingkat Provinsi terdiri dari 29 Kabupaten yang dilaksanakan di Kabupaten Bowen digoel.

“Mereka ini sudah lakukan di 29 kabupaten/kora dalam hal itu mereka meraih dalam satu pasangan sebagai juara tingkat Provinsi Papua, dari Kabupaten Yahukimo dan juga dari Kabupaten Jayapura,” katanya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih bahwa peserta dari Kabupaten Yahukimo kali ini bisa lolos hingga ke tingkat nasional.

“Hal ini merupakan yang pertama kalinya, karena kalau Kabupaten Yahukimo juara 2 dan 3 itu sudah biasa, tapi kali ini mendapatkan juara pertama merupakan sesuatu yang luarbiasa,” imbuhnya.

Eliezer Jody Wahey, peserta lomba Duta Wisata Indonesia 2019 yang mewakili Papua, mengatakan bahwa ia bersama pasangannya dari Kabupaten Yahukimo, telah mempersiapkan beberapa penampilan, yaitu salah satunya Tarian Tifa yang akan ditampilkan dalam acara di Bali.

“Kami akan mewakili Papua sebagai Duta Wisata Indonesia 2019 di Provinsi Bali, Yang kami siapkan yaitu Tarian Tifa, sesuai juknis yang disiapkan,” katanya

Selain itu juga akan diperkenalkan tentang Boven Digoel yang merupakan tempat sejarah bangsa Indonesia di Papua.

“Budaya dan sejarah nanti akan dipromosikan di sana dan Rumah Tinggi dari Suku Korowai Kombai,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY