JAYAPURA (PT) – Untuk lebih memudahkan proses pemantauan pengendalian kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan meningkatkan akuntabilitas dan kinerja, Pemerintah Provinsi Papua melaunching aplikasi sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik (e-SAKIP), Rabu, (11/12).

Sekda Papua, Hery Dosinaen mengatakan, jika launching e-SAKIP itu, melalui pendampingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan rencana aksi sistem akuntabilitas kinerja pemerintah.

“Semua SKPD mempunyai indikator utama untuk melakukan sesuai dengan Renja yang ada, tetapi yang paling utama adalah kinerja,” kata Sekda Hery Dosinaen.

Dikatakan, keunggulan dari sistem e-SAKIP Provinsi Papua adalah data yang diakses sudah terintegrasi mulai dari proses perencanaan dan penganggaran, penatausahaan keuangan (SIMDA) dan TP2K Bappeda.

Sehingga indikator-indikator yang ada sejak proses perencanaan bisa dievaluasi kinerjanya dengan lebih akurat.

“Pemerintah Provinsi Papua semakin berbenah guna peningkatan Akuntabilitas Kinerja yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua, Kansiana Salle mengatakan, e-SAKIP merupakan rencana aksi Pemprov Papua yang terintegrasi.

“Kalau kabupaten/kota tergantung dari masing-masing kabupaten/kota apakah mengadopsi aplikasi yang sudah dikembangkan Pemprov Papua,” tandasnya.

Dengan adanya e-SAKIP kata Kansiana, maka semua pertanggungjawaban dan laporan SKPD berbasis elektronik.

“Jadi, sudah terintegrasi antara satu dengan yang lain, baik e-Planning, e-Budjeting, tetapi harus diinput oleh masing-masing SKPD,” imbuhnya. (ing/sri)

LEAVE A REPLY