SENTANI (PT) – Pengurus Dewan Kesenian Tanah Papua (DKTP) Kabupaten Jayapura masa periode 2020-2025 dilantik oleh Bupati Jayapura, Mathius Awotauw, di Sentani, Senin (16/3).

Dewan Pengurus Kesenian Tanah Papua Kabupaten Jayapura periode 2020-2025 dipimpin oleh Hanna Hikoyabi sebagai ketua.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam sambutannya mengatakan, di dalam kepemimpinannya sudah dua kali melantik kepengurusan dewan kesenian, sehingga ia berharap ini bisa menjadi semangat untuk kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Jayapura.

Atraksi tarian kebudayan yang ditampilkan bisa disiapkan lagi dalam agenda kesenian, bisa dilestarikan kedepannya.

Untuk itu, Dewan Kesenian harus memberikan suport untuk kesenian dalam upaya untuk peningkatan kesenian dan budaya di Kabupaten Jayapura.

“Ini harus didiskusikan agar berdiri ditempat yang tepat, sanggar seni harus menggunakan sistem itu,” katanya.

Selain itu, ia berharap dapat mengembangkan kreatifitas sesuai perkembangan hingga di kampung, sehingga pemerintah akan memberikan suport terhadap kampung adat.

“Karena itu wajah kita jati diri kita, termasuk tari-tarian. Dewan kesenian harus bisa memikirkan bisa menjadi wilayah beberapa kabupaten, seperti apa warnanya dan tidak menghilangkan warna itu sendiri,” katanya.

“Kenapa Kabupaten Jayapura membangun dari masyarakat kampung? Bukan untuk kembali ke belakang, namun kemajuan dibangun dari kebudayaan, seperti contoh Jepang, Indian, mereka budaya yang sangat luarbiasa, tetapi mereka merupakan negara yang maju, maju diatas caranya sendiri,”  ujarnya lagi.

Untuk itu, Bupati Awoitouw mengajak untuk menghormati dan menghargai budaya dan kesenian yang dimiliki, apalagi budaya yang sangat berharga, yang masih asli ada di Papua, untuk itu harus menjaga dengan baik menjaga nilai nilai budaya.  (ai/sri)

LEAVE A REPLY