SENTANI (PT) – Bupati Jayapura, Mathius Awotauw pimpin upacara mengenang satu tahun bencana banjir bandang dan air pasang danau sentani, di lapangan apel kantor bupati pada (16/3/).

Pelaksanaan upacara ini untuk mengenang sejarah kelam di Kabupaten Jayapura, di tahun 2019 terjadinya banjir bandang dan air pasang Danau Sentani.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menyerukan kepada masyarakat untuk selalu jaga lingkungan termasuk cagar alam Cycloop dan Danau Sentani.

“Bagaimana untuk melakukan penghijauan dan peduli dengan kawasan cagar alam Cycloop dan Danau Sentani. ┬áKesadaran ini yang kita harus dibangun, termasuk seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura,” katanya.

Sementara itu, upaya yang dilakukan dari pemerintah sudah berjalan, dengan menormalisasi aliran sungai hingga melakukan penghijauan kawasan cagar alam Cycloop.

“Sudah dilakukan normalisasi sungai sekitar 4 kilometer dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK) bekerjasama dengan masyarakat adat setempat, sekaligus dengan penyuluhan kawasan penyangga ini harus membantu menjaga dan steril dari aktifitas masyarakat,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY