WAMENA (PT) – Sikap peduli ditunjukkan DPD Partai Demokrat Provinsi Papua dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Provinsi Papua.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan membagi 7.000 masker secara gratis kepada masyarakat di Wamena dan uang tunai Rp 100 juta untuk RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Pembagian masker dipimpin langsung Plh. Ketua Demokrat Provinsi Papua, Ricky Ham Pagawak, SH, M.Si bersama pengurus DPC Demokrat Kabupaten Jayawijaya dan Mamberamo Tengah.

Plh. Ketua Demokrat Provinsi Papua, Ricky Ham Pagawak atau akrab disapa RHP ikut bersama pengurus membagikan masker langsung kepada masyarakat di Pasar Potikelek, Pasar Jibama dan sepanjang Jl Irian.

Pada kesempatan itu, RHP menyambangi RSUD Wamena untuk menyerahkan 1.000 masker dan uang senilai Rp 100 juta yang diterima Direktur RSUD Wamena dr. Felly Sahureka.

RHP mengatakan, pembagian masker gratis bagi masyarakat ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah masuknya virus corona di wilayah La Pago.

Menurutnya, apa yang dilakukan merupakan tanggungjawab moril partai politik yang ikut peduli dan prihatin atas berkembangnya virus corona di Indonesia pada umumnya, dan Papua khususnya termasuk wilayah La Pago ini.

“Kami berharap apa yang dilakukan partai demokrat, dapat juga dilakukan parpol lain untuk sama-sama bertanggungjawab dengan pemerintah dalam mencegah virus ini,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat di wilayah pegunungan tengah untuk menghindari hal-hal seperti bersalaman, bergandengan tangan, kontak dengan orang yang sudah terinfeksi, maupun menjauhi tempat kumpul-kumpul orang-orang yang dapat memungkinkan terifeksi virus corona.

“Memang bersalaman ini cukup berat dihindari sebab ini adalah budaya, namun menghindari salaman harus dilakukan, sebagai salah satu cara menghindari penularan virus corona. Tentu pemimpin harus turun secara langsung bertemu dengan masyarakat untuk menjelaskan soal ini,” katanya.

Soal bantuan 1.000 masker dan Rp 100 juta untuk RSUD Wamena, RHP menuturkan, sebagai bentuk dukungan terhadap pekerja medis di rumah sakit dalam penanganan penyebaran virus Corona di wilayah pegunungang tengah.

Menurutnya, bantuan yang diberikan ini mungkin bagi tenaga medis tidak berarti, namun untuk pihaknya ini sebagai bentuk dukungan moril kepada mereka.

“Dengan apa yang kami berikan ini bisa membuat mereka (tenaga medis) lebih bersemangat untuk benar-benar melayani dalam penanganan virus corona,” imbuhnya.

Direktur RSUD Wamena dr. Felly Sahureka mengaku, menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari partai demokrat yang sudah memberikan bantuan masker yang memang saat ini sangat langkah.

“Bantuan masker dari partai demokrat ini, cukup membantu kami di RSUD Wamena yang memang membutuhkan masker tidak saja bagi tenaga medin, namun juga pasien maupun pengunjung yang menderita batuk maupun yang mengharuskan menggunakan masker,” ucapnya.

Salah satu warga Wamena Paulus Kogoya mendukung aksi Partai Demokrat yang memberikan masker secara gratis kepada masyarakat di wilayah La Pago.

Dia berharap apa yang dilakukan ini bisa diikuti oleh partai politik lain, pemimpin daerah lainnya maupun organisasi lain untuk sama-sama membantu pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

“Ini bagian upaya menolong masyarakat Papua yang berada di pedalaman. Kegiatan membagikan masker sekaligus sosialisasi seperti ini penting,” ujar Kogoya ditengah pembagian masker di Pasar Jibama. (ist/rm)

LEAVE A REPLY