JAYAPURA (PT) –  Pemerintah Provinsi Papua menyediakan hotel sebagai tempat tinggal sementara para dokter dan tenaga medis yang menangani para pasien dalam pemeriksaan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule usai rapat koordinasi dengan Pemkot dan Pemkab Jayapura menuturkan, menempatkan para tenaga medis di hotel  itu sudah melalui perhitungan yang matang.

“Untuk menangani pandemik virus corona atau covid-19, Pemprov Papua telah menyiapkan hotel untuk tempat tinggal sementara bagi tenaga medis. Untuk sementara baru satu hotel karena baru permintaan dari  RS. Bhayangkara,” ujarnya.

Hotel yang telah dipersiapkan merupakan penginapan bintang tiga, yaitu Hotel Horison Kotaraja.

Hotel tersebut dipilih karena lokasinya dekat dengan rumah sakit yang mengajukan, yaitu RS. Bhayangkara Jayapura.

Silwanus memastikan, jika kedepan ada permintaan dari rumah sakit pemerintah atau mitra lainnya,  maka Satgas Covid-19 Papua akan menyiapkan hotel yang lokasinya dekat dengan rumah sakit tersebut.

“Kalau ada rumah sakit lain yang mengajukan, kita akan siapkan, kita sudah tanyakan ke beberapa rumah sakit mitra tapi untuk sementara tangani,” kata Silwanus.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak mendiskriminasi para tenaga medis karena saat ini mereka sangat dibutuhkan.

“Kalau sekarang masyarakat lakukan diskriminasi lalu ada orang sakit datang ke rumah sakit, siapa yang urus? Percaya lah petugas kesehatan melindungi dirinya saat menangani pasien corona,” kata Silwanus. (lam/rm)

LEAVE A REPLY