SENTANI (PT) – Dalam upaya penanganan dan pencegahan virus Corona atau Covid-19, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop dan UMKM) Kabupaten Jayapura bersama sejumlah pengusaha lokal telah menyerahkan 2160 masker kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 dari target 115 ribu masker yang akan disiapkan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura, Parson Horota mengatakan, secara umum pihaknya telah melakukan pendataan sejumlah pengusaha lokal di daerah ini.

Dikatakan, dari program yang disiapkan dinasnya termauk pembuatan masker bagi masyarkat dalam masa pandemi Covid-19, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga.

“Saat ini sudah ada 15 kelompok yang tersebar di beberapa tempat sedang bekerja, tetapi juga secara individu yang dapat membuat masker dalam jumlah banyak akan diakomodir dalam program kami,” ujar Parson di ruang media center Tim Gugus Tugas Kabupaten Jayapura, Gunung Merah Sentani.

Menurutnya, masker yang telah dibuat akan diserahkan ke Dinas Koperasi dan UMKM dan dilanjutkan kepada Tim Gugus Tugas untuk dapat didistribusikan kepada masyarakat.

Sementara 2160 masker telah diberikan kepada Tim Gugus Tugas dan telah diserahkan kepada Distrik Sentani untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Selain dibagikan oleh tim gugus tugas, kalau jumlah yang banyak akan kami bagikan di jalan protokol kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker,” katanya.

Ditambahkan, untuk dana yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah bagi Koperasi dan UMKM sebesar Rp 1,2 miliar.

Ada dua pos anggaran yang digunakan juga dalam pembuatan masker, selain Pemerintah Daerah ada juga dari Alokasi Dana Kampung (ADK) pada masing-masing Kampung, sementara saat ini setiap kelompok terdiri dari 10-15 anggota dan pembuatan masker per pcs bervariasi harganya.

“Dari jumlah jiwa di Kabupaten Jayapura, maka dukungan kami ditambah dengan yang dibuat oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebanyak 500 ribu masker sudah dapat mengakomodir sebagian besar masyarakat kita di daerah ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Jayapura telah menyediakan masker sebanyak 540 ribu masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

“Kita mulai dengan kampung yang terdekat dengan jalan protokol untuk tahap pertama sebanyak 7000 pcs masker, lalu pekan yang akan datang kita bergerak hingga ke pelosok yang terjauh,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY