SENTANI (PT) – Sebanyak 540 sopir angkutan Sentani Kota mengikuti Rapid Test di Kantor Bupati Jayapura, yang digelar Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura.

Kadis Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw mengatakan, rapid test yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona diantara para sopir angkutan Sentani.

“Apabila sudah rapid test untuk dapat beroperasi bagi para supir angkutan,” katanya.

Sementata dari Tim Surfelens melakukan rapit test kepada sopir sopir, yang ditargetkan sebanyak 540 orang dan sementara baru sekitar 267 sopir yang diperiksa dan ada 8 orang yang dinyatakan reaktif.

“Untuk saat ini sudah sebagian sopir ikut rapid test dan 8 orang yang reaktif ini nanti akan dilanjutkan ke pemeriksaan PCR selama dua kali, untuk mengetahui apakah mereka positif atau negatif dari Covid-19,” kata Pungut Sunarto, Kabid P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.

Selain itu, dari 8 orang sopir yang reaktif itu, pemeriksaan rapid test akan dilakukan juga bagi setiap keluarganya.

“Apabila nanti dari hasil PCR dinyatakan positif akan dilakukan pemeriksaan nanti berserta keluarga sampai tracking ke siapa saja yang pernah bertemu, agar bisa jaring sumber penularannya,” katanya.

“Sementara itu, 8 orang sopir yang reaktif untuk melakukan karantina mandiri di rumah, nanti dari hasil PCR apabila positif akan dilakukan isolasi di Rumah Sakit atau di tempat yang ditentukan,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY