JAYAPURA (PT) – Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura menyuarakan mendukung suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Dukungan itu disampaikan Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih (Uncen), Jonathan K. Wororomi kepada wartawan usai menerima kunjungan Bidang I PB PON Papua, belum lama ini.

Menurutnya, Uncen akan mendukung dan menyukseskan pagelaran event Nasional empat tahunan tersebut dengan menyediakan fasilitas yang akan digunakan untuk pertandingan PON nanti.

“Uncen mendukung penuh pelaksanaan PON di Papua dengan semua sumber daya yang ada, semua fasilitas infrastruktur yang ada akan digunakan untuk pertandingan PON,” kata Jonathan didamping Pembantu Rektor IV Universitas Cenderawasih, Dr. Freddy Sokoy, M.Sos.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa venue yang dibangun di lokasi Uncen, seperti lapangan Softball dan Baseball maupun renovasi GOR Trikora oleh pemerintah.

Kemudian, Uncen sendiri melakukan renovasi Stadion Mahacandra yang akan dipakai untuk pertandingan sepak bola.

“Beberapa venue yang dibangun dan renovasi sudah rampung 90 persen,” bebernya.

Dengan demikian, Uncen siap bekerja sama guna membantu suksesnya penyelenggaraan PON ke 20 tahun 2021.

“Pada prinsipnya kita mendukung pemerintah menyukseskan PON XX di Bumi Cenderawasih, semua fasilitas yang siap digunakan, nanti kita akan terus berkoordinasi dengan PB PON terkait dengan fasilitas asrama yang akan direnovasi untuk tempat tinggal atlet,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Harian PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi bahwa kedatangan PB PON ke Uncen untuk melakukan assessment atau penilaian terakhir untuk semua venue yang ada di Uncen.

“Kita sudah lakukan rapat koordinasi dengan Technical Delegate (TD) cabang olahraga untuk menverifikasi ulang data di masing-masing arena, setelah itu dibuat dokumen lelang,” bebernya.

PON XX tahun depan, kata Yusuf, ada sejumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di lokasi Uncen, seperti sepak bola, softball dan baseball, sepak takraw, angkat besi, angkat berat serta binaraga. (lam/rm)

LEAVE A REPLY