Kenius Kogoya

JAYAPURA (PT) – Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua akan terbentuk paling lambat bulan Juli 2021 mendatang.

“Kontingen PON Papua pada bulan Juli sudah terbentuk, semua  tugas KONI dan Puslatprov akan diserahkan kepada ketua kontingen,” kata Sekretaris Umum Koni Papua, Kenius Kogoya kepada wartawan, Jumat, (16/4).

Menurut Kenius, setelah kontingen terbentuk, maka semua atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan di pulau Jawa akan ditarik pulang ke Jayapura.

Selanjutnya, katanya, para atlet akan dikirim langsung ke klaster penyelenggaran PON berdasarkan nomor pertandingan cabang olahraga.

“Waktu pelaksanaan PON semakin dekat, sehingga bulan Juli itu semua atlet sudah berlatih di masing-masing venue serta menyesuaikan diri dengan tempat perlombaan tersebut,” katanya.

Dengan terbentuknya kontingen PON Papua, kata Kenius, tidak ada lagi atlet cadangan dan lainnya, semua adalah atlet inti yang akan memperkuat nama Papua di event akbar empat tahunan tersebut.

Kenius berharap, Pemprov Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda maupun Panitia Besar PON bisa mempermudah atlet tuan rumah (Papua) untuk segera berlatih di venue-venue yang telah rampung 100 persen.

“Kami harapkan Disorda dan PB PON mempermudah akses bagi para atlet Papua berlatih di venue. Kita semua bekerja untuk kemenangan Papua di PON nanti, saya minta dukungan PB PON dan Disorda untuk sama-sama mendukung atlet Papua berlatih di venue, jangan samakan atlet kita dengan kontingen lain,” tegasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY