Yulce W. Enembe, SH

JAYAPURA (PT) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan  Keluarga (TP PKK) Provinsi Papua menyatakan siap    menangani bidang konsumsi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

Demikian ditegaskan Ketua TP PKK Papua, Ny. Yulce W. Enembe, SH usai melantik Ketua TP PKK lima Kabupaten belum lama ini di Jayapura.

Dikatakan, TP PKK Papua bakal menyiapkan konsumsi di empat kluster PON XX, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Oleh karena itu, Ketua PKK di 29 kabupaten dan kota bertanggungjawab, untuk menyiapkan konsumsi.

“Kami akan kontrol konsumsi diseluruh kluster, baik dari bahan makanan, minuman, higienis dan tentu memiliki asupan gizi tinggi,” ucapnya.

Menurutnya, pihaknya mengutamakan makanan dan minuman lokal Papua seperti umbi-umbian, sayur-mayur, papeda, ikan laut, telur ayam kampung, buah-buahan.

“Kami kombinasikan kudapan dan aneka minuman lokal seperti kue kering, tar, pastel dengan bahan sagu dan aneka minuman, seperti  jus buah merah, jus pinang, jus nanas, jus pepaya, jus pisang dan lain-lain,” imbuhnya.

Selain itu, TP PKK juga bertanggungjawab menyiapkan berbagai kerajinan tangan khas Papua, untuk cinderamata atau buah tangan para tamu, yang hadir pada saat berlangsungnya even olahraga nasional empat tahunan itu.

Namun demikian, terangnya, pihaknya menghadapi kendala yakni stand-stand yang disiapkan, untuk memajang kerajinan tangan tentu tak bisa menampung semua produk-produk kerajinan tangan milik PKK dari 29 kabupaten dan kota.

Untuk itu, kerajinan tangan yang dipajang terutama yang menonjol dan unik, seperti noken atau tas anyaman khas Pegunungan Tengah Papua, ukiran-ukiran kayu dari Asmat, ukiran kulit kayu Sentani dan lain-lain.

Selain itu, letak geografis Papua yang jauh tentu menghambat anggota PKK dari 29 kabupaten, untuk ikut hadir. (ign/rm)

LEAVE A REPLY