Sekda Papua

JAYAPURA (PT) —Sejumlah Provinsi yang tergabung dalam rumpun Melanesia diundang ikut Pasific Exposition II  tahun 2021 secara virtual.

Opening Ceremony atau upacara pembukaan di Christchurch, Selandia Baru pada 28 Oktober 2021 mendatang.

Masing-masing provinsi yang diundang antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekda Papua, Dance Yulian Flassy, SE, M.Si mengatakan, pihaknya diundang Ketua Panitia Penyelenggara PE 2021 Tantowi Yahya sekaligus Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Nieu.

Dijelaskan, PE II dikoordinir langsung Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

Diakui, PE II digelar secara virtual karena dunia masih dalam pandemi Covid-19, yang menglobal.

Ia juga menambahkan, PE II tahun 2021 ini bakal dihadiri selain negara-negara di kawasan Pasifik juga negara-negara besar di seluruh dunia.

Sekda juga menuturkan, pihaknya akan menampilkan dan mempromosikan seara virtual produk-produk atau kerajinan khas Papua, seperti batik, noken, ukiran-ukiran dan lain-lain.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPPKLN) Papua, Suzanna Wanggai menjelaskan Papua sangat siap untuk  berpartisipasi dalam PE II.

“PE II tahun 2021 ini penting sekali, apalagi kita berada di kawasan Pasifik,” terangnya.

Karena itu, tuturnya, pihaknya segera membahas persiapan PE II tahun 2021 bersama instansi terkait, yakni Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Papua, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua dan Dinas Komunikasi dan Informatika Papua.

“Kita akan bahas materi-materi apa yang bisa ditampilkan dalam PE II tahun 2021 ini,” jelasnya.

PE I tahun 2019 digelar di di Sky City Convention Center, Auckland, Selandia Baru, Jumat (12/7/2019) lalu, dibuka para menteri hingga perdana menteri serta perwakilan delegasi 20 negara Pasifik. (fil/rm)

LEAVE A REPLY