Tim dari DPRP didamping Tim PB PON XX Papua tahun 2021 saat meninjau sejumlah venue di kawasan Stadion Lukas Enembe

JAYAPURA (PT) – Jika sebelumnya Gubernur Papua bersama Ketua Harian PB PON XX Papua tahun 2021 meninjau seluruh venue di Kabupaten dan Kota Jayapura, kini giliran DPRP meninjau sejumlah venue khususnya yang ada di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (11/9) siang.

Tim DPRP didampingi Ketua Bidang I PB PON XX, Yusuf Yambe Yabdi melihat langsung kondisi beberapa venue.

Rombongan DPR Papua dan PB PON berkeliling mengunjungi berbagai venue, antara Aquatik, Stadion Lukas Enembe, Istora Papua Bangkit dan venue lainnya.

Alhasil dari tinjauan lapangan tersebut, rombongan DPRP merasa lega bahwa semua berjalan sesuai perencanaan dan menaruh harapan besar bahwa empat sukses PON di bumi Cenderawasih dapat diperoleh.

Ketua Bidang I PB PON XX Papua, Yusuf Yambe Yabdi apresiasi dan terima kasih atas kunjungan tim DPR Papua yang melihat langsung venue PON.

Hal tersebut juga sebagai bentuk nyata dukungan akan keinginan bersama suksesnya PON XX Papua.

“Kami tadi pagi sudah doa bersama dan launching arena/venue di empat klaster penyelenggaran PON, dilanjutkan dengan kunjungan DPR Papua ke venue-venue. Kami harap dukungan dan doa dari pemerintah, DPR dan masyarakat agar ivent PON XX di tanah Papua bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata Yusuf Yambe Yabdi kepada pers sela-sela kunjungannya.

Yusuf mengatakan, DPR Papua merupakan lembaga representasi masyarakat, jadi kalau DPR sudah turun melihat sama dengan mata rakyat Papua melihat kesiapan kita selaku panitia.

“Terima kasih atas kunjungan tim dari DPR, ini menjadi wujud dukungan kepada panitia untuk bekerja keras mewujudkan suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua,”katanya.

Ketua Fraksi PAN DPR Papua, Sinup Busup menilai Papua sudah siap menjadi tuan rumah dengan segala fasilitas yang tersedia.

Hanya saja, dia mengingatkan ketersediaan fasilitas yang baik itu sudah seharusnya diikuti dengan prestasi para atlet.

“Venue sudah baik dibangun oleh pemerintaa, maka prestasi juga harus baik juga,” katanya.

Menurutnya, sebelum digunakan untuk PON, para atlet Papua harus terlebih dahulu melakukan tes ivent.

“Kami akan minta KONI untuk atlet Papua tes ivent sebelum atlet dari provinsi lain datang, masih ada waktu satu pekan kedepan,” jelasnya.

Politisi Partai PAN itu juga mengimbau kepada pemerintah maupun KONI untuk memikirkan agenda olahraga apa yang akan digelar di Papua paska PON nanti.

Ia mengusulkan agar penyelenggaraan Arafura Games bisa digelar di Papua.

“Iven international olahraga antar Negara Asia Pasifik (Arafura Games) bisa saja digelar di Papua, kita punya fasilitas sudah bertaraf internasional, bahkan fasilitas kita masih yang terbaik dari venue yang ada di Jakarta,” tandasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY