Gubernur Papua, Lukas Enembe saat membacakan pidato pada pembukaan PON XX Papua 2021

JAYAPURA (PT) – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10) malam.

Disela-sela pembukaan PON XX 2021 Papua, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH selaku Ketua Umum PB PON XX Papua 2021 menyampaikan pidato.

Berikut pidato Gubernur Papua.

Shalom,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam Sejahtera bagi kita semua,
Om Swastyastu,
Namo Buddhaya,
Salam Kebajikan.

Yang Terhormat,
Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo
Yang saya hormati, Yang Mulia para Duta Besar Negara-Negara Sahabat.

Yang saya hormati, para Menteri Kabinet Indonesia Maju serta Panglima TNI dan Kapolri,
Yang saya kasihi, sahabat-sahabat saya para Gubernur seluruh Indonesia
Yang saya hormati, para hadirin, saudara-saudara Se-Bangsa dan Se-Tanah Air.

Terima kasih kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, berkat kuasa dan kebaikannya membuat kita dapat melihat dan merasakan hari yang bersejarah ini.

Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dan pihak-pihak pendukung lainnya. Tangan kami terbuka lebar untuk menyambut sahabat-sahabat semua dan hati kami juga diselimuti penuh oleh kasih untuk menemani setiap detik sahabat semua di tanah Papua.

Sebuah kebanggaan bagi kami yang ada di Provinsi Papua, melihat seluruh anak bangsa berkumpul dan bersatu di tempat ini.

Saya berterimakasih kepada panitia penyelenggara di semua tingkatan yang telah melakukan pekerjaan luar biasa ini. Mungkin, kesempurnaan tidak dapat kami berikan sepenuhnya, untuk itu saya selaku Ketua Umum PB PON XX Papua meminta maaf apabila ada kekurangan dan ketidaknyamanan selama penyelenggaraan PON.

Namun saya dapat memastikan bahwa, kami seluruh panitia penyelenggara akan berupaya semaksimal mungkin membuat banyak senyum dan tawa dibanding tangis dan kecewa.

Saya juga berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Ir. Haji Joko Widodo yang merindukan pelaksanaan PON di Papua. Tanpa dukungan Bapak tidak akan terlaksana.

Saya juga berterimakasih kepada para atlet yang telah terpilih untuk mewakili provinsinya masing-masing.

Kalian adalah deretan pahlawan bagi masing-masing daerah yang diwakilkan.
Pandemi Covid-19 merupakan musuh kita bersama yang hingga sampai saat ini membuat kita semua tertatih, tersandung, terjatuh bahkan banyak saudara kita yang harus gugur melawan virus ganas tersebut.

Namun, ada banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah yang ada di Indonesia, senantiasa berbuat terbaik demi mengantisipasi, melindungi dan mengobati seluruh Rakyat Indonesia.

Pekan Olahraga Nasional ini telah melalui banyak sekali evaluasi dan monitoring yang rutin dan berkelanjutan, hingga akhirnya kami dapat memutuskan untuk tetap melaksanakan hajatan akbar ini dengan berbagai pembatasan penyesuaian.

Saya percaya bahwa pesta olahraga terbesar ini menjadi perekat konsep kesatuan yang dimiliki oleh Negara Kesatua Republik Indonesia.

Dari tanah Papua, saya akan tunjukkan kepada seluruh sahabat-sahabat yang ada di penjuru Nusantara bahwa kami, masyarakat Papua, akan senantiasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia sebab Merah putih akan selalu terjahit rapih dalam hati dan jiwa kami.

Hari ini dengan penuh harapan. Saya mengajak sahabat-sahabat semua menjadikan PON XX Papua 2021 sebagai simbol kemenangan kita bersama sekali lagi Simbol Kemenangan kita bersama.

Selamat datang – selamat bertanding,
Tuhan beserta kita Semua!
TORANG BISA!
Waa Waa Waa!!!!
Jayapura, 2 Oktober 2021

 

GUBERNUR PAPUA
KETUA UMUM PB PON XX PAPUA 2021

LUKAS ENEMBE, SIP, MH. (fil/rm)

LEAVE A REPLY