Untung Sutomo/InfoPublik

JAYAPURA (PT) – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa kinerja tuan rumah Provinsi Papua luar biasa. Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 sukses besar.

“Dukungan delegasi semua provinsi luar biasa dan yang saya lihat sportivitas dan prestasi para atlet juga luar biasa. Secara khusus saya juga mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya. Di Peparnas ini, Provinsi Papua juara umum, meraih medali terbanyak,” kata Presiden Jokowi dalam acara penutupan Peparnas XVI Papua di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11) malam.

Presiden juga mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua yang telah sukses sebagai tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI.

“Selamat kepada para atlet, utamanya sekali bagi atlet Papua yang telah menunjukkan prestasinya. Kesimpulannya, bukan hanya torang bisa, tetapi torang hebat,” tegas Jokowi.

Presiden menambahkan, Peparnas ini menyampaikan banyak pesan dan perhelatan ini menunjukkan bahwa kesulitan bukanlah halangan. Dengan konsistensi dan kerja keras segala kesulitan bisa kita atasi, bahkan berbagai prestasi bisa diraih.

“Melalui PON XX dan Peparnas XVI di Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara. Sekali lagi, terima kasih atas kerja keras semua pihak yang telah menyukseskan Peparnas ke XVI ini,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menegaskan kembali, kesuksesan gelaran ini bukan hanya sekadar torang bisa, tetapi semua ini menunjukkan bahwa orang-orang Papua hebat.

“Sekali lagi torang hebat. Maka dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan mengucap Alhamdulillahirabbil ‘alamin, malam hari ini, Pekan Paralimpik Nasional ke XVI di Papua tahun 2021 secara resmi saya tutup. Sampai berjumpa di Sumatera Utara dan Aceh. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. Salam olahraga, salam olahraga,” pungkas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Penutupan Peparnas Papua ini dimeriahkan atraksi menghentak dari grup rock kenamaan, Kotak serta musisi lokal Papua. Tak lupa gemerlap kembang api dan pijar drone yang melayang dari atas Stadion Lukas Enembe. Acara diawali dengan kumandang lagu nasional Indonesia Raya dan defile para peserta Peparnas 2021.

Kemudian persembahan tarian Melayu, Betawi, Bali, Kalimantan, Sulawesi serta dari Aceh dan Sumatra Utara sebagai tuan rumah Peparnas XVII 2024. Tentu saja juga ada penampilan dari penari tifa dari Papua.

Sesusai menutup secara resmi Peparnas Papua, Presiden menyempatkan diri turun dari tribun VVIP untuk menyalami satu per satu para atlet dan ofisial yang berada di sisi kiri dan kanan lintasan Stadion Mandala.

Ia sempat meladeni swafoto sebagian atlet maupun ofisial peserta Peparnas kemudian Presiden keluar dari stadion sembari melambaikan tangan kepada masyarakat yang menonton di bagian atas. (ist/rm)

LEAVE A REPLY