JAYAPURA (PT) – Usai mengikuti ibadah perayaan Natal Bersama ASN, TNI/Polri dan Masyarakat yang dipusatkan di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu (26/1), Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi menyerahkan bonus kepada atlet difabel dan pelatih Nasional Paralympic Comitte (NPC) Papua yang berhasil meraih medali pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV Papua 2021.

Gubernur Lukas Enembe menyampaikan ucapan terimakasih kepada para atlet atas prestasi yang diraih, terutama peraih medali emas, perak dan juga perunggu.

Tak hanya kepada atlet, Gubernur juga menyampaikan terimakasih kepada para atlet yang belum meraih medali atas perjuangannya, serta para pelatih dan ofisial.

“Terimakasih atas medali emas yang diberikan. Ini adalah sebuah prestasi terbaik, dimana Papua keluar sebagai juara umum dengan total 295 medali, dengan rincian 125 emas, 85 perak, dan 85 perunggu,” jelas Enembe.

Gubernur mengatakan, penyerahan bonus ini bentuk perhatian pemerintah daerah kepada atlet difabel Papua.

Iapun berharap atlet dan pelatih NPC tidak melihat dari nilai bonus yang diberikan, namun kedepan dapat terus memberikan prestasi dan membanggakan Papua.

“Bonus ini jangan jadi ukuran dari prestasi yang diraih, tetapi dengan bonus ini dapat menimbulkan suatu semangat untuk menciptakan satu semangat untuk terus menambah prestasi dan medali yang diberikan sebagai atlet dalam mengikuti ivent lain kedepan,” imbuhny.

Atas prestasi ini, peraih medali emas perorangan mendapatkan bonus sebesar Rp 1,050 miliar, medali perak perorangan mendapatkan Rp 525 juta dan medali perunggu perorangan Rp255 juta.

Sementara medali emas beregu sebesar Rp 675 juta, perak Rp 325 juta, dan medali perunggu Rp 165 juta.

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengapresiasi bonus yang diberikan Gubernur kepada atlet Paralimpik yang berhasil meraih medali di Peparnas XIV tahun 2021.

Hal ini pun menurutnya, dapat menjadi pemicu khususnya bagi atlet difabel lainnya yang belum mampu meriah hasil maksimal di ajang Peparnas kemarin.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian Gubernur, yang sudah memfasilitasi kami selama di Peparnas, termasuk dengan pemebrian bonus saat ini,” bebernya.

Ia pun yakin, dengan perhatian yang cukup besar dari Pemerintah, sektor olahraga termasuk bagi kaum difabel Papua kedepan akan lebih baik lagi. (nald)

LEAVE A REPLY