Foto//istimewa : David Telenggen

JAYAPURA (PT) – Sebanyak 70 unit bus yang digunakan saat penyelenggaraan PON XX Papua 2021 direncanakan bakal dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Papua kepada lembaga keagamaan, sekolah, yayasan dan pimpinan keagamaan di Papua.

“Sesuai arahan Gubernur Papua, Lukas Enembe bahwa bus bekas penyelenggaraan PON XX Papua itu akan dimanfaatkan untuk bantuan kemasyarakatan,” terang Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, David Telenggen saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (29/3).

Ia menyatakan, sampai sekarang puluhan bus bekas PON itu belum disalurkan lantaran proses hibah yang masih berjalan.

“Surat baru kemarin diparaf oleh Sekda. Mungkin dalam waktu dekat akan diantar ke Kemenhub, setelah itu Gubernur yang akan mengatur penyalurannya,” jelasnya.

David mengaku telah menerima sebanyak 600 lebih permohonan hibah bus bekas PON, baik dari unsur keagamaan, organisasi kemasyarakat, yayasan pendidikan temrasuk pimpinan keagamaan.

“Jumlah kendaraann yang akan dihibahkan hanya 70 unit. Jadi ini hak prerogatif Gubernur Papua untuk memutuskan ke siapa saja peruntukannya,” tambahnya.

Pihaknya sendiri, kata David, sudah menyiapkan data pendukung dan saran-saran terkait penerima hibah bus bekas PON itu untuk selanjutnya diserahkan ke Gubernur Papua.

“Tapi tetap nanti yang akan memutuskan itu Gubernur Papua. Kami dinas teknis hanya menyiapkan data pendukung saja,” tambahnya.

Lanjut David, sementara ini bus bekas PON itu diparkir di kompleks Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura, menyusul masa kontrak penggunaan lahan parkir di PTC telah habis.

“Kalau kita perpanjang di PTC kena biaya administrasi hampir Rp.400 juta per bulan, karena itu Desember kemarin kita sudah pindahkan,” tandasnya. (ist/nald)

LEAVE A REPLY