SENTANI (PT) – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2022 mendatang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura berencana akan melakukan penanaman pohon sagu di Kampung Ifale yang luas lahannya tiga hektar.

“Penanaman pohon sagu ini kami lakukan dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia. Jadi rencananya kami tanam pada lima juni mendatang,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya. Selasa (31/5) siang.

Katanya, selain penanaman pohon ada juga pembersihan lingkungan di sejumlah tempat yang menjadi target pihaknya pada peringatan hari tersebut. Sehingga pada peringatan tersebut pihaknya akan melibatkan berbagai pihak.

“Kita akan libatkan TNI/Polri, tokoh agama, adat, pemuda, maupun seluruh paguyuban dan himpunan yang ada di Kabupaten Jayapura untuk peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua berencana memperingati hari tersebut di Kabupaten Jayapura sehingga peringatannya nanti jadi satu di Kampung Ifale.

“Jadi peringatan ini kami lakukan bersama-sama dengan Pemerintahan Provinsi, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup. Karena kebetulan Kabupaten yang dipilih Pemerintahan Provinsi untuk jadi tempat memperingati hari tersebut,” ujarnya.

Ia mengaku memberikan apresiasi kepada masyarakat Kampung Ifale yang telah mempersiapkan sejumlah bibit pohon sagu untuk ditanam pada peringatan tersebut.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Ifale yang telah mendukung kami dengan mempersiapkan sejumlah bibit pohon sagu yang akan ditanam pada peringatan itu,” paparnya.

Kata dia, thema nasional peringatan tersebut yakni, “Hanya Satu Bumi”. Sementara kalau thema Provinsi itu “Lestarikan Bumi Papua Untuk Masa Depan Bersama”, dan kalau Kabupaten Jayapura itu, Lestarikan Lingkungan Hidup di Bumi Khenambai Umbai”.

Dirinya berharap apa yang direncanakan pihaknya bisa dapat berjalan dengan baik. (tinus/nald)

LEAVE A REPLY