JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengaku bahwa Palang Merah Indonesia (PMIl Provinsi Papua telah memberikan pelayanan kemanusiaan terutama dalam hal urusan kebencanaan, kebutuhan darah, pengungsian, lingkungan hidup.

Gubernur juga menjelaskan bahwa PMI selalu berperan besar dan tanggap alam memberikan pertolongan karena PMI dan tenaga sukarelanya selalu memiliki tugas kemanusiaan yang sangat mulia.

“Tentu hal ini karena PMI merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia dan juga secara nasional. Para relawannya tersebar sampai ke seluruh penjuru dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga kampung baik secara nasional maupun wilayah di Papua,” ungkap Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Umum, Derek Hegemur saat acara pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Papua, Rabu (29/6) di Gedung Negara Dok V Jayapura.

Dikatakan, wilayah Papua masih sulit dijangkau sehingga tidak menutup kemungkinan bila terjadi bencana alam akan mengalami kesulitan untuk memberikan pertolongan bagi setiap korban yang mengalami bencana tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Gubernur Enembe dengan keterbatasan tersebut perlu segenap pihak terkait untuk saling mendorong dan bekerja secata tim dan bergandengan tangan dalam upaya mengatasi peristiwa bencana bila terjadi.

“PMI Papua juga telah berkontribusi aktif dalam menyediakan kebutuhan darah melalui Unit Donor Darah (UDD),” imbuhnya.

Sekedar diketahui, Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla secara resmi melantik Ketua Dewan Kehormatan PMI Provinsi Papua, Ny. Yulce Enembe, SH kemudian Ketua PMI Papua, Zakius Degey, ST. (nald)

LEAVE A REPLY