JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Jayapura melatih 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan dengan baik, sejak Rabu (25/7/2018) di Aula BBPOM Jayapura.

Kepala Bidang UKM Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Susianti Minarsih mengatakan, pelatihan bagi UMKM ini rutin dilakukan dengan setiap tahun.

Bahkan tahun sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan yang diberikan terkait kewirausahaan dan manajemen keuangan.

“Tahun ini hanya pelatihan manajemen keuangan tapi sudah termasuk kewirausahaan,” ungkapnya.

Dikatakan, peserta pelatihan kali ini merupakan pelaku UMKM asli Papua, karena dana yang digunakan bersumber dari dana otsus.

“100 pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan ini merupakan pelaku UMKM yang telah memiliki usaha,” jelasnya.

Ia berharap, kegiatan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan para pelaku UMKM terkait cara mengelola atau mengatur keuangan dari hasil penjualan mereka.

“Dari manajemen keuangan yang baik diharapkan mereka dapat meningkatkan usahanya juga dapat menabung yang dampaknya memberi kesejahteraan bagi keluarga mereka,“ terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Wali Kota Jayapura, Arif Dwi Darmanto mengaku berharap, ada peluang untuk memperbesar usaha para pelaku UMKM dengan konsekuensi meningkatkan produksi.

Sehingga perputaran dana untuk pembangunan di Kota Jayapura yang dikelolan oleh para pelaku usaha mikro lebih baik lagi.

Wali Kota menambahkan, kegiatan pelatihan memberi pengaruh positif bagi UMKM dalam pembentukan karakter, agar semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya.

“Tentunya pelatihan mampu bersaing dengan sesama pelaku ekonomi lainnya,“ pungkasnya. (nan/dm)

LEAVE A REPLY