JAYAPURA (PT) – General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat, Ari Dartomo mengatakan, pihaknya akan melepas Tim Ekspedisi Papua Terang tahap kedua pada September 2018 mendatang.

Dikatakan, tim ekpedisi ini tahap kedua ini ada sekitar 67 orang, dimana mereka akan bergabung dengan tim tahap pertama yang belum pulang sebanyak 43 orang.

“Jadi totalnya 110 orang yang akan melakukan survei di kampung-kampung yang belum dialiri listrik,“ ungkapnya, Rabu (29/8/2018).

Berbeda dengan tahap pertama, tahap kedua ini, kata Ari, peserta tim ekspedisi lebih dominan para pegawai PLN. Meskipun ada juga dari kalangan mahasiswa yakni Universitas Cenderawasih (Uncen), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Sepuluh November (ITS).

Sementara itu, hasil survei Tim Ekspedisi Papua Terang tahap pertama sebanyak 462 kampung yang sebelumnya disebutkan 419 kampung.

“Tidak serta merta dieksekusi tapi akan direkap dulu dan akan dibuat kegiatan yang sifatnya jangka pendek contohnya yang akan diresmikan oleh Menteri BUMN dua bulan mendatang,“ ucapnya.

Untuk membangun kelistrikan di kampung yang telah disurvei oleh Tim Ekspedisi Papua Terang, ia menyebut, akan disesuaikan dengan potensi sumber daya alam kampung masing-masing.

“Dana yang akan digunakan untuk membangun kelistrikan di kampung tersebut bersumber dari program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2018,“ pungkasnya. (nan/rm)

LEAVE A REPLY