JAYAPURA (PT) – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua, Joko Supratikto berharap bahwa menu makanan dan minuman pada perhelatan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 hanya dari Papua.

Harapan itu, disampaikan Joko Supratikto, agar mampu memicu pertumbuhan ekonomi di Papua.

“Jika dari didatangkan luar Papua, kurang memicu pertumbuhan ekonomi. Ini menjadi harapan kami bahwa menu pada pelaksanaan PON, tidak bisa sembarang karena para atlet mau bertanding, oleh sebab itu harus hati-hati,“ kata Joko, Jumat (16/11).

Pihaknya telah bertemu dengan Pemerintah Provinsi Papua melalui Bappeda untuk membicarakan mengenai kebutuhan menu PON XX. Joko mengatakan, Kabupaten Biak Numfor berpotensi mensuplai menu PON XX berupa komoditi ikan.

Sementara itu, kontribusi pertumbuhan ekonomi pada pelaksanaan PON XX akan dihitung, tetapi paling tidak pembangunan infrastruktur telah dilakukan dan ada juga yang sedang berjalan terutama untuk PON.

Joko menyebut, pembangunan infrastruktur di Papua akan mengurangi tekanan pertumbuhan ekonomi yang negative pada tahun 2019.

“Oleh sebab itu, saya tetap optimis pertumbuhan ekonomi Papua positif sekitar 7-8 persen tanpa sektor tambang,“ pungkasnya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY