JAYAPURA (PT) – Kini, warga Kampung Waigama, Distrik Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat dapat menikmati bahan bakar minyak (BBM) dengan harga sama seperti daerah lainnya di Indonesia menyusul telah diresmikannya SPBU Kompak oleh PT Pertamina bersama Dewan Energi Nasional (DEN) dan Ditjen Migas Kementerian ESDM, Jumat (16/11).

Region Manager Retail Fuel Marketing Region VIII Pertamina, Fanda Chrismianto mengatakan, seluruh titik BBM Satu Harga di wilayah Papua Barat tahun 2018 telah beroperasi dan telah diresmikan.

“SPBU Kompak yang berada di Distrik Misool Utara itu merupakan titik ketiga yang diresmikan di Papua Barat pada tahun ini, setelah Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Maybrat,“ katanya.

Pihaknya berharap hadirnya titik BBM Satu Harga dapat memberi manfaat bagi masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat di Distrik Misool Utara.

Fanda menjelaskan, Distrik Misool Utara berjarak sekitar 207 Km dari Kota Sorong dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam untuk mengangkut BBM menggunakan transportasi laut dan darat.

“Diresmikannya SPBU Kompak 86.98415 merupakan komitmen pemerintah dan Pertamina untuk hadir menyediakan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar),“ jelasnya.

Anggota Unsur Pemangku Kepentingan Dewan Energi Nasional (AUPK DEN), Achdiat Atmawinata menambahkan, pemerintah dan Pertamina berkomitmen menambah jumlah Lembaga Penyalur BBM di seluruh wilayah Indonesia agar masyarakat menikmati energi secara adil.

“Ini juga menjadi modal untuk membangun Indonesia dari pinggiran sesuai dengan amanat Undang-Undang dan Nawacita,“ imbuhnya.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengapresiasi kepada Pertamina dan Pemerintah atas beroperasinya SPBU Kompak di wilayah Misool Utara.

“Sebelum SPBU Kompak Waigama beroperasi, masyarakat Distrik Misool Utara memperoleh BBM dari Misool Selatan, namun harus mempuh jarak 12 jam menggunakan transportasi laut lantaran akses darat belum tersedia,“ katanya.

Adapun suplai BBM Kompak di Kampung Waigama sebesar 95 Kiloliter, masing-masing 80 Kl Premium dan 15 Kl Solar. (ria/rm)

LEAVE A REPLY