JAYAPURA (PT) – Menghadapi natal dan tahun baru, manajemen PT Pelni Jayapura menyiapkan 6 unit angkutan kapal penumpang yang akan menyinggahi Pelabuhan Jayapura.
Bahkan, Pelni mendatangkan KM Tidar untuk melayani rute Jayapura ke berbagai daerah di Papua hingga Ambon.

Enam kapal tersebut yakni KM Dobonsolo, KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Sinabung, KM Ciremai dan KM Tidar.

“Khusus KM Tidar biasanya tidak menyinggahi Jayapura, tetapi untuk membantu masyarakat di Jayapura, akan menyinggahi Pelabuhan Jayapura pada 22 Desember 2018 tujuannya Serui, Nabire, Manokwari, Sorong sampai ke Ambon,“ ujar Rudi Pentury, Kepala PT Pelni Jayapura, Rabu (28/11).

Rudy mengatakan, masuknya KM Tidar di Pelabuhan Jayapura untuk menjawab kebutuhan masyarakat terlebih dari dan ke Ambon yang selama ini hanya menggunakan satu kapal yakni KM Dobonsolo saja.

Rudi memperkirakan jumlah penumpang pada natal 2018 dan tahun baru 2019 akan meningkat menyusul jumlah penumpang pada periode yang sama tahun 2017 mengalami peningkatan mencapai 15.000 orang.

“Peningkatan jumlah penumpang dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 2 persen,“ imbuhnya.

Meski menyiapkan 6 kapal penumpang, namun Rudi mengaku terkendala dengan kebiasaan penumpang yang membeli tiket pada saat hari H keberangkatan kapal.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat pengguna kapal penumpang Pelni untuk merencanakan keberangkatan sesuai jadwal yang tersedia sehingga tak terjadi penumpukan penumpang pada satu kapal.

“Jadi, masyarakat ahrus merencanakan keberangkatannya. Jangan beli tiket pada saat hari H keberangkatan kapal,“ imbuhnya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY