JAYAPURA (PT) – Branch Manager BTN Jayapura, Bona Pasogit Rumapea memastikan pembiayaan KPR bersubsidi di Papua pada tahun 2018 ini melebihi target.

Apalagi, jumlah rumah bersubsidi yang telah dibiayai Bank BTN Jayapura telah melebih target hingga posisi November 2018.

“Pembiayaan KPR bersubsidi ditargetkan untuk 1.600 rumah pada tahun ini, tetapi sudah melebihi target. Sampai akhir tahun 2018, perkiraan kami target melebihi 10 persen,“ ungkap Bona, Selasa (4/12).

KPR bersubsidi yang dibiayai oleh BTN merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Bona mengklaim, sejak program itu bergulir, hingga kini Bank BTN Jayapura belum pernah melakukan penyitaan rumah akibat pengguna tak membayar cicilan.

“Rata-rata rumah bersubsidi itu syaratnya rumah pertama bagi user dan tidak boleh dialihkan ke orang lain sebelum lima tahun, wajib dihuni dan tidak boleh disewakan, subsidi yang ditarik jika ketahuan disewakan, yang memeriksa dari Kementerian PUPR bukan BTN,“ imbuh Bona.

Sebelumnya, Mortgage Consumer Lending Unit (MCLU) Head BTN Jayapyra, Hana Sombo Lola mengatakan, realisasi pembiayaan sampai bulan November 2018 mencapai 1.760 unit rumah bersubsidi dengan total anggaran Rp 317 miliar. (ria/rm)

LEAVE A REPLY