JAYAPURA (PT) – Kepala Trigana Air Jayapura, Budiono mengatakan, sejak Januari 2019 tingkat isian kursi atau load factor dan penggunaan cargo pesawat mengalami penurunan sampai 40 persen.

“Kondisi lagi low season, tingkat isian kursi dan penggunaan cargo masih sepi, kecuali rute ke Pedalaman Papua masih kondisi normal, tapi yang ke Wamena sangat sepi, padahal sehari 5 kali penerbangan,“ ungkap Budiono, Jumat (8/2).

Pihaknya memperkirakan kondisi normal akan kembali pada bulan Mei mendatang atau setelah Pemilu Legislatif dan Presiden 2019.

“Biasanya jika setelah Pemilu, baru semua berjalan normal, orang masih menunggu, aktivitas belum banyak yang dilakukan,“ ujarnya.

Ditambahkan, umumnya rute ke Wamena tingkat isian kursi hanya 60 persen, dalam jangka waktu berjalan sampai hari H terisi sampai 100 persen lantaran penumpang yang ke rute itu sering dadakan, namun sejak awal tahun belum tercapai 100 persen.

Untuk melayani masyarakat di Papua, imbuh Budiono, Trigana Air Service menyiapkan 7 armada pesawat jenis boeing dan ATR. (ria/rm)

LEAVE A REPLY