JAYAPURA (PT) – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Polda Papua menggelar kerja bakti bersama di seputaran Terminal Damri Jayapura, Kamis (21/2).

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs Martuani Sormin, MSi yang didampingi ibu Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Risma Elisabeth, SH, MH menyampaikan, Pemerintah telah menargetkan pada tahun 2020 Indonesia dapat bebas dari sampah.

“Untuk itu, perlu kita pahami tentang pentingnya memelihara sampah, merawat sampah dan memperlakukan sampah dengan sebagaimana mestinya, sehingga apa yang diharapkan pemerintah, 2020 Indonesia bebas dari sampah dapat terwujud,” kata Kapolda.

Pada kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan oleh Kepolisan bersama Bhayangkari, TNI, Dinas Perikanan dan salah satu SMA di kota Jayapura itu, Kapolda menjelaskan, prinsip penanganan sampah yaitu dengan menerapkan 3R atau Reduce, Reuse dan Recycle.

“Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya dan Recycle berarti mengolah kembali (Daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat,” jelas Kapolda Martuani Sormin.

Kapolda mengimbau kepada angota Polri dan TNI untuk menjadi penggerak peduli sampah dengan menerapkan prinsip 3R ini dengan baik, sehingga dapat membantu mewujudkan lingkungan yang indah dan terawat.

“Kita perlu aktifkan kembali personel TNI-Polri menggunakan Peples (Tempat minum TNI-Polri) sebagai botol minum setiap hari, begitu juga ibu-ibu harus menggunakan botol air minum yang isi ulang, bukannya botol air minum kemasan. Hal ini setidaknya dapat mengurangi jumlah sampah plastik,” pungkas Kapolda Papua.

Usai apel, seluruh hadirin lalu melaksanakan pembersihan di sekitar Taman Mesran, Terminal Damri Jayapura dan Taman Imbi. Tak hanya di darat, Polair dan TNI AL juga melaksanakan pembersihan sampah di sepanjang garis pantai di Kota Jayapura. (jul/rm)

LEAVE A REPLY