JAYAPURA (PT) – Sebagai wujud kepedulian sesama di Tanah Tabi, Pemerintah Kota Jayapura menyalurkan bantuan berupa bahan makanan, uang tunai, peralatan untuk tanggap darurat hingga mengerahkan personel ke Sentani, Kabupaten Jayapura yang terkena musibah banjir bandang, Sabtu (16/3).

Bahkan, Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM didampingi Wakil Wali Kota Jayapura, Ir Rustan Sarru, MM bersama pejabat Pemkot Jayapura menyerahkan langsung bantuan itu di Posko Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, Senin (18/3).

Bantuan dari Pemkot Jayapura itu, antara lain berupa uang tunai Rp 100 juta, 4 unit dump truck, 2 unit mobil damkar, motor sampah 4 unit, 3 unit chainsaw, 500 buah kantong sampah dan 2 tenda.

Selain itu, bantuan berupa tenaga atau personel Satpol PP Kota Jayapura sebanyak 30 orang, personil tagana 20 orang, tenaga sukarelawan/tim BPBD reaksi cepat sebanyak 7 orang dari paguyuban, OKP, RAPI, Pramuka, remaja mesjid dan pemuda gereja.

Juga bantuan bahan makanan berupa mie instan 100 karton, sarden 22 karton, minyak goreng 30 karton, gula 10 sak, perlengkapan mandi 10 karton, teh 20 karton dan air mineral 100 karton.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, Kabupaten Jayapura merupakan bagian dari tanah Tabi, sehingga ia mengajak para bupati se Tanah Tabi yakni Kabupaten Keerom, Sarmi dan Mamberamo Raya agar saling bahu membahu memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga yang terdampak korban banjir itu.

“Ini merupakan duka kita bersama di seluruh tanah Papua, sehingga begitu banyak bantuan yang datang ke posko banjir silih berganti dari kota maupun kabupaten. Laporan yang saya terima dari wakil bupati, bantuan dari Keerom akan tiba besok,” kata BTM, sapaan akrabnya.

BTM mengaku telah menyampaikan barang – barang apa saja yang dibutuhkan oleh para korban bencana banjir bandang tersebut. Salah satunya bahan makanan, serta alat-alat berat dan bantuan apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung saudara-saudara kita di Kabupaten Jayapura.

Selain memberiakn bantuan, Wali Kota BTM bersama Wakil Wali Kota Rustan Sarru dan Muspida meninjau lokasi banjir untuk memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian dari Pemkot Jayapura.

BTM menyampaikan terima kasih kepada bupati se Tanah Papua yang telah memberikan bantuan kepada para korban bencana.

“Saya harap bantuan yang diberikan tepat sasaran dan diatur secara baik sehingga seluruh bantuan sampai kepada yang berhak,” harapnya.

Tak hanya itu, BTM mengatakan bahwa pihaknya siap menampung korban bila di kabupaten kurang memadai, agar dapat pelayanan cepat seperti air bersih, makanan, tempat tidur dan layanan kesehatan. Sebab, banyak korban yang dikirim ke RS Marthen Indey dan RS Bhayangkara. (ket/rm)

LEAVE A REPLY