Gubernur Papua, Lukas Enembe secara resmi melepas kontingen Peparnas XVI Papua, Jumat (29/10) di Stadion Utama Lukas Enembe

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi melepas Kontingen Pekan Paralimpik (Peparnas) XVI Papua tahun 2021 dengan menyerahkan sarana dan prasarana dan test event di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10).

Gubernur Enembe, mengatakan, kegiatan Peparnas XVI ini dimulai dengan dukungan Pemerintah Provinsi Papua melalui penyerahan sarana dan prasarana venue pertandingan kepada Panitia Besar Peparnas XVI untuk digunakan sebanyak sembilan venue dan peralatan pertandingannya kemudian melepaskan kontingen Peparnas XVI Papua dan melaksanakan test event.

Dikatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjamin kelangsungan hidup setiap warga negara, termasuk para penyandang disabilitas yang mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak asasi manusia yang sama sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara dan masyarakat Indonesia merupakan amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, untuk hidup maju dan berkembang secara adil dan bermartabat.

Menurutnya, penyelenggaraan Peparnas XVI ini merupakan bagian yang sangat penting dari usaha Pemerintah Provinsi Papua untuk membangun dan mendorong kesamaan hak dan kedudukan bagi kaum disabilitas untuk mengembangkan potensinya di bidang olahraga prestasi.

“Sudah banyak bukti bahwa atlet disabilitas dapat mencapai hasil tertinggi dalam dunia olahraga bahkan melebihi atlet non disabilitas. Itulah mengapa kesataraan dan kesamaan hak ini dijadikan momentum penting dalam pelaksanaan Peparnas XVI,” jelas Gubernur.

Gubernur memberikan apresiasi kepada Ketua NPCI Papua yang telah mempersiapkan para atlet Peparnas XVI asal Papua, sehingga sesuai laporan telah dinyatakan siap berjuang dalam memperebutkan medali di ajang Peparnas XVI Papua.

“Saya mendorong dan memberikan semangat juang kepada segenap kontingen Papua, kepada saudara-saudara digantungkan harapan dan nama baik dan keharuman masyarakat Papua,” ujarnya.

Ditambahkan, Pemprov Papua akan memperhatikan prestasi puncak yang saudara-saudara capai dengan melalui kebijakan khusus.

“Kepada saudara Ketua Kontingen Peparnas XVI asal Papua, Gubernur Papua mengucapkan selamat memimpin kontingen Papua. Semoga melalui saudara Ketua, semua harapan dan cita- cita menjadi nyata dalam memperjuangkan prestasi terbaik dalam ajang Peparnas XVI,” katanya.

“Mari kita semua memberikan dukungan penuh terhadap sukses penyelenggaraan Peparnas XVI dan kepada kontingen Papua. Torang Bisa…Barang Apa jadi,” tambahnya.

Turut hadir Forkopimda, Bupati Jayapura, Wali Kota Jayapura, Ketua Harian KONI Papua, Ketua Harian PB Peparnas XVI, Ketua NPCI Papua, Para Kepala SKPD Provinsi Papua.

Sekedar diketahui,
upacara pembukaan Opening Ceremony Peparnas XVI Papua 2021 bakal dibuka Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala, Jayapura.

Sebanyak 1.935 atlet paralimpiade dari 33 provinsi yang hadir berpartisipasi.

Peparnas XVI Papua 2021 mempertandingkan 12 cabor, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CR, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja. (fil/rm)

LEAVE A REPLY