Petugas mengambil sampel lendir hidung untuk pemeriksaan tes cepat (rapid test) Antigen COVID-19 bagi Atlet dan ofisial angkat berat Peparnas XVI Papua di Hotel Suni Garden Lake, Sentani, Jayapura, Papua, Minggu (7/11). Infopublik/Amiriyanndi

SENTANI (PT) – Para atlet beserta ofisial yang akan mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua menjalani pemeriksaan Covid-19 di beberapa lokasi di Kabupaten Jayapura.

Untuk para atlet dan ofisial cabang olahraga (cabor) angkat berat, pemeriksaan antigen dilakukan di ruang medis venue cabor angkat berat di Suni Garden Lake Hotel dan Resort, Jayapura.

Penanggung Jawab MS non-venue, dr. Reymon menyatakan ada 11 tim medis yang melayani ratusan atlet dan ofisial di Suni Garden Lake Hotel.

“Kalau saya lihat dari data ada sekitar 156 atlet dan ofisial. Tapi kita juga akan lakukan pemeriksaan terhadap pendampingnya, karena takutnya mereka tinggal satu kamar,” kata dr. Reymon dalam rilis dari InfoPublik di Suni Garden Lake Hotel, Jayapura, Minggu (7/11).

Selain di ruang medis, terang dia, pihaknya pun memberikan layanan jemput bola untuk mereka yang berhalangan.

Petugas akan melakukan pemeriksaan di kamar para atlet yang berhalangan.

“Karena ini untuk disabilitas, kami berikan layanan VIP. Misalkan tidak ada pendamping mereka yang mengantar, kita akan mempermudah, kami yang akan segera ke sana (kamar),” ujar dr. Reymon.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana (panpel) Parlindungan Simanjuntak menyatakan, seluruh atlet dan ofisial cabor angkat berat yang akan bertanding pada Senin (8/11/2021) diwajibkan mengikuti pemeriksaan antigen.

Menurut dia, cabor angkat berat diikuti oleh 114 atlet dari 19 kontingen dari provinsi Papua, Jawa Barat, DIY, Jambi, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Riau, Jawa Tengah, Papua Barat dan Kalimantan Tengah.

Kemudian, Bali, Sumatra Selatan, Gorontalo, Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

Ia menyebut secara keseluruhan akan ada 20 nomor yang dipertandingkan dari kategori putra dan putri dengan total 60 medali yang diperebutkan diantaranya, 20 emas, 20 perak dan 20 perunggu.

Ia berharap pelaksanaan Peparnas Papua, khususnya di cabor angkat berat bisa berjalan dengan sukses. (ist/rm)

LEAVE A REPLY