Peraih medali cabang olahraga renang 100 Meter gaya bebas putri klasifikasi S9 berfoto bersama usai mengikuti Upacara Pemberian Medali di Akuatik Center Lukas Enembe Jayapura, Senin (8/11/2021). Perenang Kontingen Papua Agnes M Yowei (tengah) memperoleh medali emas, perenang Kalimantan Selatan Nor Atifah (kiri) medali perak dengan Fitriah (kanan) meraih medali perunggu. Infopublik/Amiriyandi

JAYAPURA (PT) – Perenang tuan rumah Papua, Agnes M Yowei, berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga renang 100 Meter gaya bebas putri S9 di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua XVI.

Perlombaan yang berlangsung di Akuatik Center Lukas Enembe Jayapura, Senin (8/11), Agnes mengukir catatan waktu 1 menit 18,32 detik untuk merebut medali emas.

Diikuti oleh dua perenang asal Kalimantan Selatan Nor Atifah peraih medali perak dengan catatan 1:24:57 dan Fitriah peraih medali perunggu dengan catatan 1:27:93.

Perenang berusia 16 tahun ini mengaku senang bisa menyumbangkan medali emas untuk provinsi Papua.

“Saya sangat bahagia. Medali ini saya persembahkan untuk Papua,” kata Agnes di¬†venue¬†cabor renang Akuatik Center Lukas Enembe Jayapura, Senin (8/11) sebagaimana dilangsir InfoPublik.id.

Sementara itu, Pelatih Renang Papua, Johan GG Karubaba, menyatakan bahwa ini merupakan Peparnas kedua yang pernah Agnes ikuti.

Ia sangat yakin bahwa Agnes bisa meraih medali emas di Peparnas Papua ini.

Di mana sebelumnya Agnes pun meraih medali emas dan perak pada Peparnas 2016 di Jawa Barat.

Menurut dia, Agnes akan turun di tiga nomor di Peparnas Papua. Ia pun optimis Agnes bisa meraih tiga medali di Peparnas Papua.

“Target saya di Peparnas ini, ia bisa meraih tiga medali emas,” kata Johan.

Cabang olahraga renang Peparnas Papua akan melombakan 192 nomor dengan 12 klasifikasi dari lima gaya baik pada sektor putra dan putri.

Jika dihitung secara keseluruhan, renang pada Peparnas Papua akan memperebutkan 192 keping medali emas, masing-masing 105 untuk putra dan 87 untuk sektor putri. (ist/rm)

LEAVE A REPLY