JAYAPURA – Untuk mensejahterahkan pegawai, Pemerintah Provinsi Papua akhirnya mendirikan koperasi pegawai yang diberi nama Koperasi Korpri Papua Sejahtera. Pendirian koperasi pegawai tersebut diawali dengan penendatanganan akta notaris di Sasana Karya Kantor Gubernur, Selasa (8/8/2017).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Papua, TEA. Herry Dosinaen, SIP, MKP mengungkapkan, pada prinsipnya kehadiran Koperasi Korpri Papua sejahtera adalah untuk membantu para pegawai pegawai negeri.

“Bayangkan jika setengah dari 7.463 pegawai setiap bulan mengambil barang di koperasi dengan harga yang lebih murah dari pasaran dan pembayarannya lewat pemotongan gaji, ini sudah bisa membantu,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, kehadiran koperasi memiliki makna yang sangat luar biasa untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh pegawai.

“Pendirian koperasai ini untuk kesejahteraan pegawai. Untuk itu, kami minta SKPD untuk bisa menghimpun sekaligus memberikan arahan kepada seluruh staf,”ujarnya.

Dengan berdirinya koperasi pegawai ini, maka jumlah 7.463 pegawai yang ada di lingkup Pemprov Papua menjadi anggota, dimana ada kewajiban, ada sumbangan sukarela, tugas pokok dan modal untuk pinjaman. Namun mengenai keanggotaan tersebut, Sekda menyebut dalam waktu dekat asisten akan berkonsultasi dengan notaris mengenai apa yang harus dilakukan sehingga semua bisa terakomodir dalam satu tatanan regulasi atau hukum, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini langkah awal, dan tidak terlalu lama kami akan membangun infrastruktur yang tentunya berkolerasi dengan koperasi, seperti bahan makanan ataupun lainnya yang berkaitan dengan koperasi,”terangnya.

Untuk menindaklanjuti pendirian koperasi pegawai tersebut, Sekda meminta seluruh menjalankan tugas dengan baik, jangan sampai ada motivasi-motivasi tertentu.

“Kami juga minta pihak notaris mengawal agar koperasi bisa berjalan dengan baik. Untuk itu saya sangat mengharapkan mulai dari pengurus, pimpinan SKPD dari asisten, staf ahli melihat semua ini dan tentunya ini untuk mengakomodir semua pegawai,”pungkasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY