JAYAPURA (PT) – Pasangan Calon Bupati Mimika nomor urut 2 dari jalur independen atau perseorangan, Robertus Waraopea, SH dan Albert Bolang, SH, MH atau yang disingkat RnB optimis bisa memenangkan Pilkada serentak di Kabupaten Mimika.

Sekedar diketahui bahwa Calon Bupati Mimika, Robertus Waraopea merupakan anak asli Kamoro yang saat ini memimpin Lemasko (Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro) juga memimpin LPMAK (Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro).

Oleh karena itu, dengan penuh semangat, pasangan RnB ini berkomitmen bahwa saatnya anak Kamoro memimpin Kabupaten Mimika dalam lima tahun ke depan.

Namun yang terpenting, kata, Robertus Waraopea, pihaknya telah sepakat untuk melaksanakan Pilkada Damai di Mimika.

“Ya, kami sepakat atau berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada Damai itu di Kabupaten Mimika,” ungkapnya didampingi Calon Wakil Bupati Mimika, Albert Bolang dalam pers conference di Hotel Aston Jayapura, Sabtu (24/2/18).

Ketika disinggung soal Mimika, yang selama ini sering kali terjadi konflik, Robertus berharap KPU Mimika sebagai penyelenggara menjunjung tinggi aturan, begitu juga paslon dan tim sukses mengikuti aturan yang ada dan jika ada hal yang tak sesuai dapat menempuh jalur hukum.

“Kami harap, kesadaran masyarakat juga harus ada dan penegak hukum harus cepat bertindak dan berposisi netral,” harapnya.

Sementara itu, Calon Wakil Bupati, Albert Bolang, menambahkan jika nomor urut 2 yang diperoleh pasangan RnB ini, merupakan simbol perdamaian dan kemenangan.

“Ini juga menjadi spirit kami untuk pilkada damai dan kemenangan. Jadi kami ada dua pesan disini untuk rakyat,” ujarnya.

“Di Mimika ada kedamaian dan tentunya ada kemenangan dan kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Mimika ke depan,” tambah Alber Bolang.

Bahkan, mantan anggota DPR Papua periode lalu ini, mengaku optimis akan menang dalam Pilkada di Mimika.

Apalagi, kata Albert Bolang, figur calon Bupati adalah anak asli Suku Kamoro yang merupakan daerah dataran terbesar di Mimika.

“Beliau ini adalah Ketua  Lemasko dan LPMAK. Jadi gunung dan pantai. Saya sangat yakin keterpilihan beliau sebagai pimpinan di dua lembaga adat ini, yang mewakili dua suku ini,” bebernya.

Albert Bolang menambahman bahwa pihaknya akan mendapatkan simpati yang  luar biasa dari 5 suku pendamping kekerabatan dan kemudian nusantara.

Bolang yang juga merupakan kader Partai Demokrat ini menjelaskan, dengan latar belakang itu, pasangan RnB yang berlatar belakang hukum ini, tentu yang diidamkan masyarakat disana adalah sebuah kepastian hukum karena terjadi konflik itu akibat dari sebuah ketakpastian hukum yang terjadi  disana.

“Sangat optimis kita bisa memenangkan ini tetapi, walaupun demikian kita sangat menghargai dan menghormati lawan politik kita. Karena mereka juga adalah putra-putra terbaik  yang memang juga sudah menjadi bagian harapan masyarakat disana,” jelas Bolang.

Menurut Albert Bolang, dengan tampilnya Albertus Waraopea dalam Pilkada Mimika, yang merupakan sosok muda dari putra suku Kamoro akan memimpin Mimika lima tahun ke depan, setelah sebelumnya ada sosok bupati dari Amungme.

“Apalagi, disana sedikit ada kesepakatan bahwa sudah waktunya masyarakat Kamoro untuk memimpin  Kabupaten Mimika kedepan,” tandas Albert Bolang. (ara/rm)

LEAVE A REPLY