JAYAPURA (PT) – Tim Patroli keamanan Pos Kalilapar Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara dari Batalyon Infanteri 121/MK menemukan ladang ganja dengan barang bukti 5 batang tanaman ganja siap panen di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Sabtu (21/4/2018).

Ladang ganja tersebut ditemukan sekitar pukul 08.00 WIT ketika personel Pos Kalilapar melaksanakan patroli keamanan rutin di sekitar wilayah yang menjadi tanggung jawab Pos Kalilapar.

Saat ditemukan, ladang ganja itu telah mencapai tinggi 2 meter, namun tim patroli tidak mendapati siapa pemilik tanaman ganja tersebut.

Komandan Pos (Danpos) Batalyon Infanteri 121/MK, Letda Inf. Riyono menjelaskan, 5 batang tanaman ganja tersebut ditemukan oleh salah seorang prajurit yang berjalan paling depat saat berlangsungnya patroli.

“Sekitar pukul 12.00 WIT tim patroli diberhentikan oleh salah seorang prajurit yang berjalan paling depan setelah prajurit tersebut melihat beberapa tumbuhan yang menyerupai ganja. Ia melaporkan hal tersebut kepada saya. Setelah diadakan pengamatan lebih teliti lagi dan ternyata memang tumbuhan tersebut adalah tumbuhan ganja. Lokasi penemuan ladang ganja itu sendiri terletak di sekitar Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom yang merupakan bekas kawasan penebangan pohon yang berjarak 1,5 kilometer dari Pos Kalilapar,” terangnya.

Riyono menambahkan, tanaman ganja tersebut oleh tim patroli dicabut seluruhnya untuk diamankan. Pohon-pohon ganja yang berhasil diamankan itu terdiri dari 2 batang pohon ganja setinggi 230 cm, 1 batang pohon ganja setinggi 210 cm dan 2 batang pohon ganja setinggi 180 cm.

“Setelah selesai mencabut kelima batang pohon ganja tersebut tim patroli kembali ke pos sambil menyisir daerah tersebut untuk memastikan tidak ada lagi tanaman ganja di sekitar itu,” katanya.

Atas penemuan itu, Riyono juga meminta bantuan kepada masyarakat untuk melapor ke pos apabila melihat tanaman ganja lainnya di daerah tersebut.

“Sementara ini batang ganja yang ditemukan tersebut diamankan oleh tim patroli di Pos Kalilapar untuk selanjutnya akan diserahkan kepada pihak kepolisian,” pungkasnya. (jul/dm)

LEAVE A REPLY