JAYAPURA (PT) – Sekretaris Umum Badan Pengurus Daerah Asosiasi Rekanan Pengadaan dan Distributor Indonesia (BPD Ardin) Papua, Jacky Kajagi mengatakan, dampak pariwisata terhadap perekonomian industri pariwisata menghasilkan manfaat ekonomi yang besar bagi Papua.

Dampak besar itu, katanya adalah membuka lapangan kerja bagi penduduk laokal di bidang pariwisata seperti tour guide, waiter, bell boy dan lainnya.

Selain itu, dibangunnya fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik demi kenyamanan para wisatawan yang juga secara langsung dan tidak langsung bisa dipergunakan oleh penduduk lokal seperti tempat rekreasi dan mall.

“Manfaat lainnya mendapatkan devisa melalui pertukaran mata uang asing serta mendorong seseorang untuk berwiraswasta seperti berdagang kerajinan, penyewaan papan selancar, pemasok bahan makanan dan bunga ke hotel,“ ungkap Jacky, Rabu (8/8/2018).

Dikatakan, meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga pendapatan pemerintah, kata Jacky, adalah dampak dari pariwisata.

Dia menyebutkan bahwa dampak pariwisata bagi perekonomian Papua dapat memberikan keuntungan ekonomi kepada hotel dan restaurant

Misalnya, wisatawan yang pergi berwisata bersama keluarganya memerlukan kamar yang besar dan makanan yang lebih banyak.

“Dampak ekonomi tidak langsung dapat dirasakan oleh pedagang di pasar karena permintaan terhadap barang atau bahan makanan akan bertambah,“ tandasnya. (nan/dm)

LEAVE A REPLY