JAYAPURA (PT) – Sebagai bentuk rasa perduli terhadap korban gempa di Lombok, PT Pos Indonesia membuat program nasional “Pos Peduli Gempa Lombok”.

“Jadi kiriman gratis ini bisa diterima atau bisa dikirim melalui kantor pos di seluruh Indonesia. Baik kantor pos besar maupun kantor pos cabang. Kami merasakan bagaimana korban bencana gempa bumi di Lombok,” kata Manager Pemasaran kantor Pos Jayapura, Deni Nusawakan, Senin (13/8/2018).

Dikatakan, kiriman ini dari tanggal 8 Agustus sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018.

Paket tersebut dikirim lewat kantor pos minimal memakai paket kilat khusus jadi 2 sampai 4 hari sudah sampai di Lombok.

Tetapi karena banyak bantuan yang di kirim, sejak tanggal 8 sampai 9 Agustus sudah mencapai sekitar 9 ton, dari pihak kantor pos Mataram agak kesulitan karena banyak tujuan untuk ke pos pos.

“Jadi lebih bagus jika kiriman itu kami sarankan ke pelanggan yang ingin mengirim untuk ditujukan kepada kantor pos Mataram, sehingga nanti dari kantor pos Mataram disalurkan ke pos-pos karena kalau ditujukan ke posko langsung agak susah karena kesulitan untuk mencari pos tersebut,” jelasnya.

Pengiriman barang menggunakan pesawat ke kota Surabaya kemudian diangkut ke Mataram.

Karena barang yang dikirim menggunakan pesawat sudah full, untuk sekarang ini barang akan dikirim menggunakan paket pos biasa dengan waktu 1 sampai 2 minggu untuk bisa sampai ke Lombok.

Barang yang di perbolehkan untuk dikirim berupa pakaian, makanan kering yang masa berlakunya lama, berat barang yang di gratiskan untuk dikirim maksimal 20 kilogram asalkan tidak berisi makanan yang mudah busuk. Kantor pos juga menerima donasi berupa uang untuk dikirim.

“Kita berharap bahwa korban di Lombok merasa terbantu. Karena kasihan para korban rata-rata informasi yang kami dapat rumah mereka rata dengan tanah, kita berdoa agar tidak terjadi gempa seperti itu lagi. Kita pun berharap dengan adanya kiriman gratis ini masyarakat di Lombok bisa sedikit tertolong,” tandasnya. (nan)

LEAVE A REPLY