JAYAPURA (PT) – Menteri BUMN RI, Rini Soemarno meresmikan 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp 2,153 triliun di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Jumat (24/8/2018) yang didampingi Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung.

Menteri Rini mengatakan, proyek yang diresmikan adalah PSN yang dibangun oleh Pelindo IV sejak awal tahun 2016 hingga 2018.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung menuturkan 16 PSN yang adalah proyek-proyek strategis nasional yang dibangun perseroan menggunakan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) dan internal perusahaan.

“Total anggaran yang terserap untuk 16 proyek yang diresmikan ini senilai Rp 2,153 triliun. Di antaranya 8 PSN yang menggunakan anggaran PMN sebesar Rp 1,3 triliun dan sisanya menggunakan internal perusahaan,” terangnya.

Ia mengatakan, 8 PSN yang menggunakan dana PMN yaitu di Papua terdaapat di Pelabuhan Merauke, Jayapura, Manokwari dan Pelabuhan Sorong.

Sedangkan yang non Papua yaitu Pelabuhan Ternate, Bitung, Kendari dan Pelabuhan Tarakan.

Menurutnya, kelemahan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yaitu infrastruktur yang masih tertinggal dibandingkan dengan wilayah barat Indonesia.

Dia mencontohkan di Pelabuhan Jayapura, terakhir dilakukan investasi yakni pada sekitar 2010, sementara kinerja operasional di wilayah Papua menunjukkan peningkatan yang cukup positif.

“Setiap tahun aktivitas di Pelabuhan Jayapura mengalami peningkatan sebesar 14%, sehingga dibutuhkan infrastruktur yang memadai untuk mendukung peningkatan tersebut, utamanya untuk mendukung kebutuhan aktivitas petikemas di pelabuhan paling timur di Indonesia ini,” jelasnya.

Bahkan ia menyebutkan, dengan adanya investasi yang dilakukan Pelindo IV bisa menurunkan Berth Occupancy Ratio (BOR) atau rasio penggunaan dermaga terhadap kunjungan kapal.

“Semakin tinggi BOR, semakin padat dermaga dan waktu tunggu kapal juga semakin lama. Tapi dengan investasi pelabuhan, otomatis dapat menurunkan angka BOR, terutama di Pelabuhan Jayapura, yang sebelumnya diatas 70%,” ucapny.

Dia menegaskan, dengan investasi yang dilakukan Pelindo IV, kapasitas 16 pelabuhan yang masuk dalam PSN yang diresmikan tersebut akan meningkat cukup signifikan, yaitu antara 50% hingga 500% atau sekitar 5 kali lipat. (nan/rm)

LEAVE A REPLY