JAYAPURA (PT) – Manager Network Service Telkomsel Jayapura, Erlyawan Budiman mengatakan, akses telekomunikasi baik voice, SMS dan internet di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua masih mengandalkan teknologi satelit.

Bahkan, teknologi satelit, kata dia, memiliki kapasitas terbatas dan belum adanya jalur fiber optik (FO) yang dapat membawa traffic data dengan kapasitas bandwidth lebih besar.

“Untuk menjawab kebutuhan pelanggan terhadap akses internet, Telkomsel terus meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan broadband service di Wamena dengan mengintegrasikan Base Transceiver Station (BTS) 4G sebanyak 21 BTS,“ jelas Erlyawan, Senin (3/9/2018).

Selain BTS 4G untuk mengoptimalkan broadband service saat ini, Telkomsel, juga telah mengoptimalkan dan memperkuat service BTS 3G sebanyak 20 BTS.

Untuk kedua technologi broadband tersebut, keberadaannya saling melengkapi dalam servicenya.

Erlyawan menyampaikan, segala kebutuhan dan permasalahan pelanggan, Telkomsel telah menyediakan layanan Grapari dan Call Center 188.

Pihaknya berharap, Palapa Ring Timur digelar akhir tahun ini sehingga akses internet lebih cepat lantaran kapasitasnya lebih besar. (nan/rm)

LEAVE A REPLY