JAYAPURA (PT) – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua akan menggelar Festival Ikan Biak di Kabupaten Biak Numfor pada 19-20 November 2018.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Joko Supratikto menjelaskan, kegiatan itu bertujuan mengoptimalkan potensi perikanan di Biak dengan mendorong penciptaan produk turunan ikan laut seperti kerupuk, nugget, abon dan lainnya.

“Ini dapat memberikan nilai tambah pada produk ikan, selain itu dengan garis pantai yang luas, Biak memiliki potensi pariwisata yang tinggi khususnya mina wisata,“ jelas Joko, Kamis (15/11).

Dengan pengembangan mina wisata, maka kelestarian alam laut akan terjaga dan mendorong perkembangan ekonomi di Biak.

Expo dalam bentuk pameran produk itu, kata Joko, melibatkan puluhan nelayan dari 25 stand nelayan dan UMKM binaan Bank Indonesia, Pemerintah Daerah dan perbankan serta pelaku usaha khususnya berupak ikan laut dan olahannya.

“Juga ada kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Biak. Expo juga diisi dengan berbagai lomba diantaranya lomba masak menghadirkan juri Master Chef Priscilya dan Chef Cliff Alexander dari Hotel Asana Biak,“ ujarnya.

Selain lomba masak, kegiatan itu diisi lomba tari Yosim Pancar (Yospan), lomba perahu hias, lomba mancing dan lomba fotografi.

Joko menyebut, Festival Ikan Biak juga diisi dengan seminar menghadirkan narasumber Bupati Biak Numfor, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, artis Nadine Chandrawinata dan Kepala Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bangsring, Banyuwangi, jawa Timur.

Tema talkshow adalah “Pengembangan Potensi Mina Wisata Biak“ dan Chef Show dengan tema “Pembuatan Kuliner Ikan Khas Biak“. Artis Nadine Chandrawinata akan melakukan penanaman terumbu karang pada festival itu.

“Workshop pembuatan produk olahan ikan menghadirkan narasumber Litbang Provinsi Papua dan Edukasi Anak Nelayan Pencinta Laut oleh Nadine Chandrawinata,“ imbuh Joko.

Adapun pihak yang terlibat yakni Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Pemda Biak Numfor, PT Angkasapura I (persero), Bank Mandiri, Bank Papua dan BRI. (ria/rm)

LEAVE A REPLY