JAYAPURA (PT) – Memperingati Hari Menaman Pohon Indonesia pada 28 November 2018, manajemen PT PLN (Persero) melakukan aksi menanam 1.000 pohon di kawasan Gardu Induk, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Manager SDM dan Umum PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Lukas Tarigan mengatakan, PT PLN merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang kelistrikan, tetapi perlu memperhatikan lingkungan sekitar.

“Sebab, selain peduli lingkungan, PLN ikut melestarikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya lantaran PLN juga menggunakan pembangkit listrik dari air. Oleh karena itu, kita sadar bahwa penting menanam pohon,“ ujar Lukas, Rabu (28/11).

Dalam kegiatan itu, jenis bibit pohon yang ditanam yaitu tanaman produktif mangga dan durian. Tujuan menanam tanaman produktif, kata Lukas, untuk meningkatkan nutrisi masyarakat, sebab jenis pohon yang ditanam buahnya dapat dikonsumsi.

Lukas mengungkapkan, jika kegiatan menanam pohon itu, menggunakan anggaran sebesar Rp 145 juta, dana sebesar itu selain digunakan untuk membeli bibit pohon, juga digunakan untuk biaya merawat tanaman sekitar Rp 15 juta untuk 6 bulan.

“Biaya merawat tanaman sengaja kami siapkan, tujuannya ketika ada tanaman yang dirusak oleh hewan dapat segera diganti. Harapan kami seluruh tanaman ini tumbuh,“ imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, PLN bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Kampung serta Kepala Distrik di daerah itu.

Dan, PLN memilih Kampung Harapan lantaran lokasinya strategis, berdekatan dengan venue olahraga yang tengah dibangun yakni Stadion Papua Bangkit, yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

“Harapan kami masyarakat atau para atlet dapat merasakan dampak dari penanaman pohon ini,“ tambahnya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY