JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menanamkan rasa syukur dan sikap berbagi dengan sesama, Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) kembali hadir di wilayah Papua mengajak anak-anak panti asuhan berbagi kegembiraan di Panti Asuhan Santo Egodius Polomo, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (15/12).

Kegiatan ini merupakan bagian dari pemberian santunan BUMN yang dilaksanakan di 15 kota di Indonesia.

Kegiatan di Provinsi Papua dilaksanakan oleh 5 BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN dengan PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN Koordinator beserta PT Antam Tbk, PT Inalum (Persero), Perum Bulog dan Perum Damri.

Pemilihan panti asuhan di Kota dan Kabupaten Jayapura dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Kota/Kabupaten Jayapura.

Total bantuan yang diserahkan oleh 5 BUMN dalam kegiatan ini senilai Rp 582 juta berupa santunan dan bingkisan untuk 522 anak, serta bantuan pengembangan sarana dan prasarana untuk panti asuhan.

Hadir dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari kelima BUMN yang menyapa dan berbagi kegembiraan bersama dengan anak-anak panti asuhan.

General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian, sebagai perwakilan dari BUMN koordinator menyampaikan bahwa kegiatan santunan ini merupakan bentuk sinergi dari BUMN untuk wilayah Papua.

“Hadirnya 5 BUMN di Tanah Papua dalam rangka santunan Natal sebagai bentuk sinergi antar BUMN untuk semakin terus meningkatkan peran BUMN dalam kerangka BUMN Hadir Untuk Negeri, “ujar Iin.

“Pertamina selaku koordinator bersama 4 BUMN lainnya senantiasa berkomitmen untuk terus menjalankan perannya di masing-masing bidang usaha untuk kemakmuran rakyat Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia,”sambung Iin.

Santunan dan bingkisan yang diberikan kepada anak-anak panti asuhan masing-masing sebesar Rp 250.000 dan Rp 100.000 dengan total 522 anak.

Selain itu, kelima BUMN memberikan bantuan kepada panti asuhan sebesar total Rp 400.000.000 untuk sarana dan prasarana di 17 panti asuhan yakni PT Pertamina (Persero) memberikan bantuan untuk 104 anak di 3 panti asuhan, PT Antam Tbk sejumlah 101 anak di 5 panti asuhan, PT Inalum (Persero) sejumlah 107 anak di 3 panti asuhan, Perum Bulog sejumlah 111 anak di 3 panti asuhan; serta Perum Damri sejumlah 99 anak di 3 panti asuhan.

Direktur Yayasan Putri Kerahiman Papua, Florentius Tue Koban, ST menyampaikan rasa kebanggaannya atas kehadiran 5 Perusahaan BUMN di Panti asuhan Santo Egodius Polomo Sentani.

“Peristiwa hari ini meyakinkan kami sebagai tuan rumah, maupun seluruh panti asuhan di Kota Jayapura bahwa dalam mengasuh anak-anak kami tidak berjalan sendiri, ternyata ada rekan rekan lagi yakni dari BUMN,” ujar Florentius.

Dikatakan, siapapun yang berkorban maka akan memperoleh suka cita dalam keluarga masing-masing.

“Kita bisa pulang dengan membawa suka cita sebelum mempersiapkan natal, kita juga memperoleh suka cita dari acara ini,” imbuhnya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY