JAYAPURA (PT) – Maskapai Sriwijaya Air Group per 1 April 2019 akan menggunakan pesawat jenis jet 737-500 W kapasitas 120 seat untuk melayani rute Jayapura–Wamena.

Distric Manager Sriwijaya Air Group Jayapura, Faisal Rahman mengatakan, pesawat jet itu menggantikan pesawat Nam Air jenis ATR kapasitas 75 seat yang telah melayani masyarakat dari dan ke Wamena beberapa tahun lalu.

“Rencana kami mau pakai pesawat jet. Jadi, Nam Air tidak lagi, saat ini lagi urus ijinnya, sementara Nam Air yang tadinya sudah melayani rute Wamena akan kita alihkan ke daerah lain,” kata Faisal, Selasa (19/2).

Faizal mengungkapkan alasan pihaknya menggunakan pesawat jet ke daerah itu, lantaran pengguna transportasi udara khususnya maskapai Sriwijaya Air Group seperti Nam Air cukup tinggi.

“Jadi, kami fasilitasi kebutuhan masyarakat tak hanya penumpang tapi juga cargo. Jika menggunakan pesawat jet bisa lebih leluasa karena lebih besar pesawatnya dan lebih nyaman,” ucapnya.

Dikatakan, Nam Air yang juga merupakan anak perusahaan Sriwijaya Air Group jenis Avions de Transport Regional (ATR) yang telah melayani masyarakat dari dan ke Wamena melalui rute Jayapura-Nabire-Wamena.

Selain mengganti pesawat Nam Air dengan jet, pihaknya juga akan membatalkan penerbangan rute Jayapura ke Nabire.

Saat ini penerbangan ke Nabire menggunakan Nam Air jenis ATR masih dibuka sampai tanggal 28 Februari 2019.

Alasan tidak lagi melayani rute Nabire, kata Faisal, lantaran nantinya menggunakan pesawat jet yang tidak dapat menerbangi rute Nabire, selain itu permintaan dari dan ke rute ini sepi.

“Nanti terbang dari Jayapura langsung Wamena, tidak transit lagi di Nabire,” kata Faisal.

Terkait rute baru tahun 2019, Faisal mengatakan masih mengoptimalkan rute yang sudah ada sebelumnya. (ria/rm)

LEAVE A REPLY