JAYAPURA (PT) – Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 dihelat dari 5-15 November 2021 di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Pelepasan kontingen Papua, penyerahan sarana dan prasarana dan test event untuk digunakan pada Peparnas XVI Papua 2021 telah dihelat di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10/2021).

Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi Papua, Alexander Kapisa mengatakan sarana dan prasarana venue untuk dipergunakan di Peparnas XVI Papua 2021 semuanya memenuhi syarat untuk melaksanakan pertandingann, khusunya dari sisi Peparnas karena ramah terhadap kaum disabilitas.

“Kami mendesain venue-venue Peparnas XVI Papua 2021, yang ramah terhadap kaum disabilitas, yang akan bertanding. Salah satu yang kita pergunakan di Hotel Sahid, Entop, karena mempunyai fasilitas ramah disabilitas, contoh cabor catur,” katanya.

Selain itu, menurutnya pihaknya mengelola, merawat dan memanfaatkan venue-venue PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua, untuk kegiatan olahraga baik single event, multi event maupun kegiatan-kegiatan lainnya.

“Jadi tak semua venue itu akan digunakan untuk kegiatan olahraga saja, tapi beberapa venue yang kita bangun itu mempunyai multi fungsi. Sehingga kita harapkan kedepan itu seperti kegiatan pameran, KKR, kegiatan sosial masyarakat lainnya bisa menggunaan aset yang ada,” tuturnya.

Dikatakan tentu ini menjadi obyek dari sisi pemerintah daerah, untuk mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). (fil/rm)

LEAVE A REPLY