Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua 2021, Doren Wakerkwa bersama Dirut PT DBS Susanto, ketika meninjau Test Food Peparnas XVI Papua 2021 di Kitchen DBS Mega Futsal Jayapura, Sabtu (30/10).

JAYAPURA (PT) – Panitia Besar (PB) Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021, jelang H-5 terus mengejar dalam rangka mempersiapkan konsumsi untuk atlet, official, pengurus cabor, relawan dan tamu yang bakal hadir.

Bekerjasama dengan PT Dara Boga Samara (DBS) menggelar test food atau tes makanan di Kitchen DBS Mega Futsal Jayapura, Sabtu (30/10).

Bidang konsumsi menyiapkan dua dapur di kluster Kota Jayapura dan kluster Kabupaten Jayapura, dimana masing-masing di Kitchen DBS Mega Futsal Jayapura dan di Puspemka, Hawai, Sentani.

Pelayanan konsumsi Peparnas XVI Papua mulai 2 -15 November 2021.

Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua 2021, Doren Wakerkwa mengatakan, mitra kerjanya PT DBS sudah menyiapkan konsumsi untuk melayani para atlet, official, relawan dan tamu di Peparnas XVI Papua 2021.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau seluruh masyarakat Papua memberi dukungan, agar pelaksanaan Peparnas XVI Papua 2021 berlangsung lancar dan sukses.

“PT DBS adalah mitra profesional dan berpengalaman melayani konsumsi pada even-even olahraga nasional maupun internasional,” kata Doren.

Yang menarik, lanjut Doren, PT DBS telah memberikan pelatihan kepada Mama-Mama Papua, untuk membuat aneka macam kue dari bahan dasar sagu.

“Selain untuk sukseskan Peparnas, juga kedepannya Mama mama Papua bisa mengembangkan ekonomi rumah tangganya dengan mengolah kue dari sagu,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Konsumsi PB Peparnas XVI Papua 2021, Anike Rawar mengatakan PT DBS menyiapkan makanan yang sudah teruji oleh ahli kesehatan, ahli gizi dan lain-lain.

“Namun, makanan yang diberikan ini cuma empat jam dari prosesing masak sampai ke tangan konsumen, setelah empat jam makanan itu harus diganti dengan paket yang baru, sehingga tak terjadi makanan basi,” tegas Anike.

Karena itu, ungkap Anike, timnya akan memantau terus sejauhmana perkembangan PT DBS menyiapkan konsumsi.

Dirut PT DBS, Susanto mengatakan pihaknya sudah siap untuk melayani konsumsi para atlet maupun para relawan.

Dikatakan, pihaknya menyiapkan tenaga lokal 60 persen dan 40 persen non lokal.

Sedangkan jenis makanan yang disediakan adalah makanan nasional sebagian besar dan sedikit makanan Thailand, tapi komposisnya hanya sebagian kecil untuk variasi saja.

Ditambahkan, pihaknya juga menyiapkan alat-alat canggih untuk menjaga, agar makanan untuk para atlet dan offisial dan lain lain itu betul- betul aman, fresh dan higinis.

Executive Chef PT DBS Lucky Permana mengatakan pihaknya menggunakan teknologi, untuk mempercepat proses makanan.

“Jadi makanan yang akan kita sajikan itu nanti akan langsung otomatis calling down atau didinginkan, sehingga makanan itu kalau mesinnya panas ganti box tak mengeluarkan uap. Jadi makanan bisa tahan sampai dengan 24 jam,” terangnya.

Diketahui Peparnas XVI Papua 2021 digelar 5-15 November 2021.

Upacara Pembukaan (Opening Ceremony) Peparnas XVI Papua 2021 bakal dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Mandala, Jayapura tanggal 5 November 2021.

Ada 1.935 atlet paralimpik dari 33 provinsi yang hadir berpartisipasi. Peparnas XVI Papua 2021 mempertandingkan 12 cabor, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CR, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.(fil/rm)

LEAVE A REPLY